Tok! DPRD KBB Setujui Ranperda Perubahan APBD 2020, Prioritaskan Pelayanan Masyarakat Dan Pemulihan Ekonomi Daerah

oleh

sorotnusantara.com, KBB,- DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyetujui perubahan APBD tahun anggaran 2020 ditetapkan menjadi Perda pada Rapat Paripurna yang dilaksanakan di Novena Hotel, Jl. Raya Lembang, Rabu (30/9/2020).

Rangkaian rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD KBB, Rismanto, adalah dalam rangka pengambilan keputusan penetapan perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 dan penandatanganan bersama perubahan APBD tahun anggaran 2020 yang telah disepakati oleh seluruh fraksi dan pemerintah daerah.

Badan Anggaran DPRD KBB, Pipih Supriati, menyebutkan bahwa DPRD melalui Badan Anggaran dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) telah membahas Ranperda tentang perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 yang telah disusun oleh pemerintah daerah dengan berpedoman pada rencana kerja pemerintah daerah serta perubahan kebijakan umum APBD dan perubahan prioritas dan plafon anggaran sementara tahun 2020.

“Pendapatan daerah setelah pembahasan, Rp 2.772.585.557.324, Belanja daerah setelah pembahasan Rp 3.291.977.700.831,25. Pembiayaan daerah setelah pembahasan Rp 519.412.143.507,25 yang bersumber dari penerimaan daerah.” urai Pipih dihadapan peserta rapat paripurna yang diikuti juga oleh antara lain kepala perangkat daerah melalui virtual zoom meeting.

Selanjutnya, Badan Anggaran DPRD KBB memberikan saran dan masukan dari sisi pendapatan dan belanja daerah.

“Setelah dibukanya kembali obyek wisata, tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Akan ada peninjauan kembali target pendapatan asli daerah dari sektor wisata,” kata Pipih Supriati.

“Selain itu, anggaran hendaknya memperhatikan program dengan skala prioritas yang bersentuhan langsung dengan kepentingan pelayanan masyarakat dan program pemulihan ekonomi daerah,” pungkasnya.

Setelah ranperda perubahan APBD tahun anggaran 2020 diketok untuk disetujui menjadi Perda dalam rapat paripurna tersebut, Bupati KBB, Aa Umbara Sutisna, mengungkapkan terima kasihnya kepada seluruh unsur DPRD KBB dan TAPD pada kesempatan sambutannya.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada unsur pimpinan dan seluruh anggota DPRD yang terhormat, khususnya kepada Badan Anggaran yang telah menyelesaikan pembahasan bersama TAPD dan perangkat daerah tanpa kenal lelah, hingga sampai pada tahap persetujuan rencana perubahan APBD KBB Tahun Anggaran 2020,” ucap Aa Umbara.

“Hasil saat ini paling lama tiga hari kerja disampaikan ke gubernur untuk dievaluasi, hasil evaluasi tersebut dituangkan dalam keputusan gubernur dan disampaikan kepada bupati paling lambat 15 hari kerja terhitung sejak diterimanya rancangan tersebut,” terang Aa Umbara sambil berharap prosesnya tidak terlalu lama.

Begitupun Aa Umbara menginstruksikan kepada jajarannya untuk bekerja optimal.

“Saya instruksikan kepada seluruh kepala perangkat daerah agar dapat bekerja optimal,” tegasnya.

“Gunakan waktu dengan sebaik-baiknya, dan selesaikan program kegiatan yang telah dianggarkan dengan tepat sasaran dan memberikan manfaat bagi kemajuan masyarakat serta daerah KBB,” tandas Bupati Aa Umbara.

[St]