TNI Satgas Citarum Sektor 21 Babat Tempat Persembunyian Sampah

by -156 views
TNI Satgas Citarum Babat Tempat Persembunyian Sampah

BANDUNG,- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 17/Solokan Jeruk, membabat rerumputan dan tanaman liar yang selama ini menutupi bantaran sungai.

Kegiatan ini rutin dilakukan oleh jajaran Satgas beserta warga masyarakat peduli lingkungan sebagai upaya pencegahan penyempitan aliran sungai, selain untuk menjaga kebersihan bantaran.

Hadirnya jajaran Satgas Citarum yang melaksanakan sosialisasi langsung kepada warga masyarakat tentang pentingnya mengembalikan dan menjaga kebersihan lingkungan dan aliran sungai, sudah terasa dampaknya.

Sudah jarang ditemui warga yang membuang sampahnya langsung ke sungai, namun demikian, masih ada saja warga yang belum sadar dan masih membuang sampahnya secara sembarangan ke sekitaran sungai. Umumnya adalah sampah plastik bekas makanan atau minuman ringan yang dibuang diantara rerumputan di bantaran.

Hal tersebut tentunya membuat jajaran satgas bekerja ekstra.
“Sampah dibantaran bila terbawa air hujan, berpotensi mengotori sungai yang ujung-ujungnya bisa menumpuk dan menghambat aliran sungai,” ujar Dansubsektor 21-17/Solokan Jeruk, Serma Agus Sumarna, Selasa (8/1/2018).

Ditambahkannya, “Akibatnya, kita bisa tebak, berpotensi menimbukan banjir dan munculnya beragam bibit penyakit,” ujarnya.

Dijelaskan oleh Agus, “Perawatan bantaran sungai menjadi bagian upaya kami selain untuk menjaga keasrian lingkungan, juga meminimalisir penyempitan sungai,” jelas Agus.

Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat pada satu kesempatan mengatakan kepada wartawan, “selama ada sampah, kami tidak akan berhenti berbuat,” ujar Kolonel yang telah menggagas program Gebyar Bak Sampah di wilayah tugasnya sebagai trigger bagi pemerintah kabupaten untuk lebih serius memperhatikan kebutuhan masyarakat terkait dengan pengadaan sarana pengelolaan sampah di lingkungan warga seiring dengan perubahan perilaku dan mindset masyatakat.[St]