Tingkatkan Skill, BANKOM Adakan DIKLATSAR SAR

by

SorotNusantara.com , Semarang – Bantuan Komunikasi (BANKOM) Polrestabes Semarang meningkatkan skill (keterampilan) dengan mengadakan pendidikan dan pelatihan dasar (DIKLATSAR) search and reschue (SAR). Kegiatan yang diikuti 45 orang tersebut berlangsung selama 3 (tiga) hari dengan materi dasar pertolongan pertama.

Wakil Ketua II Bankom, Budi Cahyono dalam apel pelatihan di Kodam IV Diponegoro Kota Semarang mengatakan, keterampilan pertolongan pertama juga penting dikuasai, “Adanya sungai besar dan seringnya potensi banjir di Kota Semarang dan sekitarnya, berlatih penyelamatan dalam air sangatlah penting dalam rangkaian kegiatan SAR,” katanya, Minggu (8/3/2020).

Budi menerangkan, penyelamatan di air merupakan agenda pertama pelatihan hari pertama yang digelar di kolam renang Kodam, “Pelatihan awal dilatih Sarda Jateng dengan berlatih penyelamatan korban di air, pelatihan menyelam dasar dan latihan memotong pohon tumbang,” jelasnya.

Instruktur Sarda Jateng saat memaparkan materi keselamatan di air

Untuk itu Budi meminta para peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik, “Saya minta semua peserta berlatih dengan serius. Kalau berlatih dengan sungguh-sungguh, nantinya ilmu yang didapat juga bisa diterapkan dengan benar,” ujarnya.

Perlu diketahui, Bankom merupakan organisasi masyarakat yang berdiri pada 9 Maret 2004. Organisasi ini didirikan oleh Badrodin Haiti kala menjabat sebagai Kapolwiltabes Semarang. Bankom dengan basis massanya warga sipil yang gemar menggunakan Handy Talky (HT) kini terus berkembang sebagai relawan sosial dan kemanusiaan.

“Orientasi gerak Bankom sekarang tidak sekedar membantu kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” ungkapnya.

Lanjutnya, namun lebih dari itu juga bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, dan kemusiaan. Sehingga kecepatan dalam mendapatkan informasi dimanfaatkan juga untuk memberikan bantuan atau pertolongan yang sesuai.

Salah satu peserta, Nur Huda yang gemar memanfaatkan HT mengaku senang bisa membantu kepolisian dan masyarakat, “Alhamdulillah, hidup terasa lebih bermanfaat untuk membantu masyarakat,” katanya.

Oleh karena itu, pria yang kesehariannya berwirausaha ini berharap ada pelatihan atau kegiatan yang lebih menarik lagi, “Menolong juga ada caranya, jadi ya memang kita butuh ada pelatihan-pelatihan dan kegiatan menarik lain yang mendukung kegiatan Bankom,” akunya. (arh)