Terima Wakaf Tanah, GP Ansor Bukit Tunggal Siap Cetak Kader NU

oleh
Lokasi tanah wakaf yang diamanatkan kepada PR GP Ansor Bukit Tunggal Kecamatan Jekan Raya.

SorotNusantara.com , Palangka Raya – Kekayaan yang dimiliki manusia akan memiliki bermanfaat manfaat lebih dan menjadi ladang amal bagi kehidupan akhirat bila digunakan untuk membantu orang lain, utamanya untuk perjuangan agama. Terlebih lagi, dalam bentuk wakaf tanah.

Namun demikian, untuk memberikan wakaf tanah bukanlah hal yang mudah. Dalam hal ini seorang wakif (orang yang memberi wakaf) tentu telah mempertimbangkan dengan baik terhadap orang maupun organisasi yang diberi amanah tersebut.

Seperti yang dilakukan Hj. Sri Mawarni (59 th) warga Jalan Gagak I no 239 RT 03 RW 21 Desa Palangka Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah yang mempercayakan tanah seluas 40 meter persegi kepada para pemuda Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Bukit Tunggal Kecamatan Jekan Raya.

Saat pengurus Ansor menanyakan alasannya, perempuan yang lahir pada tahun 1961 itu mengaku bingung harus mempercayakan pada siapa, “Saya hanya berharap kepada GP Ansor agar nanti di tanah tersebut berdiri sebuah mesjid dan dijadikan tempat mendidik generasi muda Islam di bawah naungan Nahdlatul Ulama,” kata perempuam pensiunan Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng dalam ikrar wakafnya.

Menanggapi hal itu, Ketua PR GP Ansor Bukit Tunggal Dedi Haryono menegaskan, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin mewujudkan harapan mulia tersebut, “Insyaallah diatas tanah selua 40×40 meter dari Ibu Hj. Sri Mawarni akan dibangun mesjid, Taman Kanak-kanak (TK) dan Taman Pendidikan Alquran (TPQ) yang berbasis keNUan,” kata Dedi kepada Sorot Nusantara, Minggu (19/4/2020).

Dengan begitu, lanjutnya, pihaknya akan berusaha sekuat tenaga baik dari pendanaan, pembangunan, dan pengelolaan untuk mencetak generasi NU sejak usia dini,

“Dananya dari kami, pembangunannya juga kami sudah punya program, pengelolaannya pun sudah ada susunannya, insyaallah semua terperogram dengan baik, dan terukur, semoga niat ibu Hj. Sri Mawarni¬†bermanfaat bagi banyak orang dan melahirkan generasi penerus perjuangan NU. Insyaallah amanat ini akan kami jaga sebaik mungkin,” tuturnya.

Perlu diketahui, para ahli waris pewakaf tanah ikut membubuhkan tanda tangan persetujuan diatas materai dengan disaksikan Ketua PC GP PC GP Ansor Kota Palangka Raya Ahmad Noor Slamet dan Ketua RT 05 RW 15 Drs. Nor Samroni. Selain itu, proses pembuatan sertifikat wakaf diurus bersama pihak keluarga dan semua ahli waris.

Sementara, Ahmad Noor Slamet meminta semua pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ansor untuk terus berperan aktif dengan memberikan kontribusi yang nyata pada masyarakat, “Ansor Bukit Tunggal sudah melakukan yang terbaik, maka sudah jelas bahwa ini salah satu makna penting sebuah kepercayaan,” ringkasnya. (ans,arh)