Subsektor Lagadar Satgas Citarum Bersihkan Bantaran Leuwidulang

by
Subsektor Lagadar Satgas Citarum Bersihkan Bantaran Leuwidulang

KAB. BANDUNG, sorotnusantara.com,- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 11/Lagadar bersama dengan pelopor kebersihan bersihkan bantaran anak Sungai Cimahi di Kampung Leuwidulang Rt 04 Rw 17, Desa Lagadar, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jumat (15/3/2019).

Karya bhakti di lokasi tersebut dilaksanakan karena rumput telah tumbuh tinggi di dinding tembok penahan sungai, sehingga dikuatirkan bisa menghambat aliran sungai serta menjadi tempat penumpukan sampah.

“Saat ini rumput ditempat tersebut sudah meninggi, tentunya berdampak pada kebersihan dan keasrian daaerah aliran sungai,” jelas Djamain Sektor 21-11 Pelda Rabino pada pesan singkatnya kepada wartawan.

Patroli sungai yang dilaksanakan jajaran satgas setiap harinya, antara lain sasarannya adalah mengecek kondisi daerah aliran sungai, titik tempat penumpukan sampah ataupun aliran limbah industri, termasuk membersihkan tumbuhan liar yang berpotensi pada penyempitan aliran sungai.

Pada kegiatan tersebut, jajaran Subsektor 21-11 yang dipimpin oleh Pelda Rabino, dibantu oleh warga pelopor kebersihan.

Selepas isoma, jajaran satgas merawat tanaman pohon flamboyan yang ditanam di bantaran Sungai Cimahi. Tampak, pohon yang sudah ditanam beberapa bulan lalu tersebut, tumbuh dengan subur.

“Kami selanjutnya melaksanakan tugas rutin lainnya, yakni komsos dengan langsung menemui warga,” kata Rabino.

“Sosialisasi terkait dengan kebersihan lingkungan dan aliran sungai, kami berkunjung ke rumah Bapak Atay, warga Kp Leuwidulang Rt 04 Rw 17. Diharapkan komsos ini bisa dipahami oleh warga untuk sama-sama meningkatkan kebersihan dan kenyananan lingkungan,” pungkas Dansubsektor yang telah berhasil membangun satu unit sarana tempat pengolahan sampah untuk warga di Desa Lagadar. [St]