,

Soroti Kawasan Industri Mangkrak Dua Periode Bupati, Forum Kiai Kampung Jagokan Tino-Mustamsikin

oleh
Ketua Forum Kiai Kampung KH Masykur Amin

SOROTNUSANTARA.COM , Kendal – Mangkraknya kawasan industri di Kabupaten Kendal menjadi sorotan para kiai kampung. Sebab, semestinya kawasan industri bisa menjadi barometer pemerintah kabupaten kendal dalam upayanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kendal harus berubah indikator yang mencolok adalah kawasan industri yang mangkrak dua periode bupati harus dijalankan kembali,” kata KH M Danial Royyan dalam acara silaturahmi Forum Kiai Kampung Kabupaten Kendal yang digelar di kediamannya, Desa Tamangede, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Kamis (10/9/2020).

Ketua PC NU Kendal ini melanjutkan, pihaknya mendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati H Tino Indra Wardono dengan KH Mokh Mustamsikin (TIM) dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 sebab pemerintah kabupaten semestinya memberikan perhatian kepada masyakat.

“Pendidikan dan ekonomi serta kesejahteraan nelayan dan tani harus diperhatikan dan sudah diamanatkan kepada pasangan ini,” imbuh Kiai Danial.

Perlu diketahui, Forum Kiai Kampung Kabupaten Kendal berisikan para kiai Nahdlatul Ulama (NU). Sebab, menurut Kiai Danial, secara organisasi Nahdlatul Ulama tidak bisa berpolitik praktis.

“Untuk itulah dibuat forum para kiai kampung ini sebagai saluran politik para tokoh-tokoh yang akan membawa gerbong masing-masing. Agar suara gerbong arus bawah tersalurkan dengan tepat,” jelasnya Kamis (10/09/2020).

Bergulirnya dukungan dari para tokoh NU Kendal kepada pasangan yang diusung PDI Perjuangan dan PPP dalam Pilkada Kendal 2020 itu dipertegas dengan menyatukan visi dan dukungan.

Dia menjelaskan, sebagai Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kendal, Kiai Danial mengaku tidak gegabah dan melanggar khitah organisasi NU dengan dukungan ini karena sudah konsultasi kepada pimpinan pusat.

Ketua PCNU Kabupaten Kendal KH M Danial Royyan

Hal senada ditegaskan Ketua DPC PPP Kendal yang juga bakal calon wakil bupati Kendal, KH Mokh Mustamsikin. Ia menuturkan, kiai NU memang tidak boleh melakukan politik praktis. Namun untuk mewadahi aspirasi dan suara politik perlu dibentuk forum yang dapat memberikan dukungan dan menyalurkan aspirasi politiknya.

Selaku Ketua Fuspaq Kendal, Mustamsikin pun menghormati adanya perbedaan pilihan politik di organisasinya itu, “Insyaallah dukungan dari kiai kampung, sepakat mendukung pasangan Tino-Mustamsikin. Sedangkan terkait dukungan dari Forum Ukuwah Silaturahim Pendidikan Alquran atau Fuspaq sudah pasti tetapi kalau ada yang tidak searah itu wajar-wajar saja,” tuturnya..

Sementara, Tino Indra Wardono mengatakan, sebagai wakil ketua Ansor Jawa Tengah merasa bersyukur karena didukung keluarga sendiri dari kalangan Nahdiyin.

“Sejak awal untuk mendapatkan rekomendasi kita sudah sepakat untuk berpasangan dengan pak Mustamsikin dan tidak berubah. Ini tidak lepas dari doa para kiai pasangan ini berjalan dengan baik,” katanya singkat.

Di hadapan puluhan puluhan kiai dari berbagai wilayah di Kendal dan pengurus Fuspaq Kabupaten Kendal, dan Fatayat serta Muslimat NU, Ketua Forum Kiai Kampung Kendal, KH Maskur Amin menegaskan tekat para kiai kampung dalam memenangkan pasangan Tino-Mustamsikin dalan Pilkada 9 Desember 2020 nanti.

Wes wayahe, wes wancine, kudu der-der’an (sudah waktunya, sudah saatnya, harus terang-terangan), kiaii kampung siap menangkan Tino-Mustamsikin. Mudah-mudahan menang, Aamin,” tandasnya. (arh)