,

Sepakat, Elly Saputra Kembali Pimpin Ansor Kalteng

oleh
Elly Saputra saat memaparkan misi kepemimpinan pada periode kedua (sorotnusantara.com/anas)

SOROTNUSANTARA.COM , Palangka Raya – Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kalimantan Tengah, Elly Saputra kembali terpilih menahkodai organisasi kepemudaan Nahdlatul Ulama (NU) dalam Konferensi Wilayah (Konferwil) Ansor Kalteng ke-VIII yang digelar di Swiss-Belhotel Danum, Kota Palangka Raya. Minggu (7/2/2021).

Elly berhasil mendapat dukungan sembilan dari sepuluh Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor, dan sisanya memilih Muhammad Habibi. Maka Pimpinan Sidang yaitu Hakam, Robby dan Rahmanto secara bulat menetapkan Elly Saputra sebagai ketua terpilih PW GP Ansor Kalimantan Tengah masa khidmah 2021-2025.

Usai ditetapkan, Elly yang berprofesi sebagai (PNS) Kantor Kementrian Agama Kalteng menyatakan akan kembali melanjutkan program kaderisasi yang telah berhasil dilaksanakan selama periode kepemimpinan pertamanya, yakni tahun 2016-2020.

Selain itu, Elly mengungkapkan gagasan bakal menggerakkan program kemandirian anggota dan organisasi, baik kemandirian secara ekonomi, kemandirian secara politik, dan kemandirian secara sosial.

“Kita akan mencoba terobosan-terobosan baru untuk membentuk kader yang bisa mandiri, baik secara anggota maupun organisasi. Makanya kita harus bersama-sama dalam memajukan organisasi agar bisa mandiri secara ekonomi, mandiri secara politik, dan secara sosial,” tandasnya

Untuk mendukung rencananya, Elly menyatakan perlu kader-kader yang handal untuk memajukan GP Ansor. “Sesuai tema Bersama Kita Kuat, sejak awal GP Ansor mengajak semua elemen dan Banom (Badan Otonom, -red) untuk saling bersinergi dalam memajukan organisasi. Kami akan merangkul semua kader yang handal demi memajukan organisasi ini,” tegasnya.

Untuk diketahui, Konferwil Ansor Kalteng ke-VIII ini merupakan bagian dari kegiatan Konferwil Bersama Nahdlatul Ulama (NU), dan Fatayat NU. Konferwil bersama ini dibuka langsung oleh Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran di aula Jaya Tingang, komplek Gubernuran Kalteng, dan diikuti semua tingkatan struktur NU secara virtual, Sabtu (6/2/2021)

Dalam sambutannya, Sugianto mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya Konferwil Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) bersama GP Ansor dan Fatayat NU Kalteng.

“Dengan diselenggaranya kegiatan ini diharapkan akan hadir kader atau generasi warga NU yang kompeten dan sungguh-sungguh memiliki intelektual yang tinggi dalam bidang ilmu pengetahuan, khususnya agama Islam dan tentunya memiliki karakteristik pribadi yang berakhlakul karimah,” harapnya

Terkait kontestasi politik dalam Konferwil, Sugianto mengingatkan hal itu merupakan upaya regenerasi atau peremajaan bagi organisasi serta sarana menambah wawasan atau pembelajaran bagi anggota maupun warga NU yang nantinya terpilih dalam kepengurusan.

Perbedaan pilihan, menurut dia harus dilandasi demi eksistensi dan kiprah organisasi di Kalteng. “Konferwil merupakan forum tertinggi pengambilan keputusan atau kebijakan dalam sebuah organisasi di Tingkat Provinsi atau Kabupaten/Kota, hal ini tentunya memiliki posisi dan peran yang sangat penting dan strategis dalam upaya mendukung suksesnya pembangunan di Kalimantan Tengah,” tandasnya. (anas/arh)