Sempat Ditutup, Gugus Tugas Covid-19 Tertibkan Pasar Manis

oleh
Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes

SorotNusantara.com , Brebes – Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kecamatan Salem melakukan edukasi kepada para pedagang dan pengunjung Pasar Manis di Desa Bentar Kecamatan Salem Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Edukasi dilakukan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah Kecamatan Salem.

Menurut Camat Salem Ari Haris Yuwanto, edukasi yang dilakukan meliputi sosialisasi seputar Covid-19, pendataan pedagang, sampai pada pemeriksaan pedagang dan pengunjung sebelum memasuki area pasar, “Kami fokuskan ke pasar manis dan pahing karena dua pasar ini yang jadi pasar terbesar di Kecamatan Salem” kata Ari, Jumat (10/4/2020).

Kegiatan edukasi terhadap pedagang pasar lantaran sebelumnya pasar terbesar di kecamatan perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat tersebut sempat ditutup sebagai langkah antisipasi dini pencegahan Covid-19, “Kami merespons cepat Kebijakan Bupati Brebes, maka kemarin kita tutup sementara” kata Kepala Desa Bentar, Sucarko

Kemudian setelah dilakukan evaluasi, lanjut Sucarko, tim Gugus Tugas Covid-19 memutuskan untuk membuka kembali pasar dengan berbagai pertimbangan, khususnya terkait terjaminnya ketersediaan pangan dan pendapatan para pedagang kecil yang berada di sekitar Kecamatan Salem.

“Kami buka kembali setelah 14 hari ditutup, tetapi dengan melakukan edukasi dan memperketat pedagang dan pengunjung,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya juga melakukan pantauan aktifitas di Pasar Manis, yakni dengan memperhatikan kebiasaan mencuci tangan dan mengecek suhu tubuh para pedagang dan pengunjung pasar. Untuk kepentingan itu, disiapkan tim kesehatan dari Puskesmas Bentar.

Dengan dibuka kembali pasar tersebut, para pedagang diminta untuk waspada dengan menjaga jarak sebagaimana keterangan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Pihaknya juga menempatkan gel pencuci tangan praktis, dan melarang pedagang yang sedang sakit berjualan.

Salah satu anggota tim medis dari Puskesmas Bentar, Pulung Subagyo menambahkan, pihaknya selama melakukan pemeriksaan subu tubuh pedagang dan pengunjung pasar belum menemukan adanya gejala awal Corona. “Alhamdulillah sampai saat ini pedagang dan pengunjung pasar belum ditemukan tanda-tanda covid-19,” katanya. (ze,arh)