Hambat Aliran Sungai, Satu Ton Sampah Diangkat Dari Sungai Ciburaleng Sumedang

by
Satu Ton Sampah Diangkat Dari Sungai Ciburaleng Sumedang

sorotnusantara.com, SUMEDANG,- Tumpukan sampah sebanyak kurang lebih satu ton berhasil diangkat dari Sungai Ciburaleng di wilayah RW 01, Desa Sindang Pakuon, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Tampak tumpukan sampah beragam jenis tersebut sudah menutupi permukaan aliran Sungai Ciburaleng dan mendorong pagar penghalang sampah yang dibuat oleh warga dan satgas hingga jebol. Terlebih sehari sebelumnya terjadi hujan deras di daerah Cimanggung dan sekitarnya.

Pembersihan itu melibatkan personel Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15/Sumedang bersama dengan warga pelopor kebersihan sungai.

“Hari ini, kita Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor Sumedang melaksanakan kegiatan pembersihan Sungai Ciburaleng di Desa Sindang Pakuon sepanjang 300 meter,” jelas Serka Eri Krisyana, Subsektor 21-15/Sumedang, saat memberikan keterangannya kepada media, Minggu (27/10/2019).

“Sampah tersebut berasal dari sekitar pemukiman warga dan pasar,” tambahnya.

Penumpukan sampah yang berpotensi mencemari dan menghambat aliran sungai ini, menjadi indikator bahwa masih saja ada warga yang belum sadar dan peduli terhadap kebersihan lingkungan serta daerah aliran sungai.

“Hari ini kita berhasil mengangkat sekitar satu ton sampah, termasuk tanaman liar. Tentunya ini seharusnya menjadi momentum agar warga masyarakat bisa saling mengingatkan, karena dampak dari membuang sampah sembarangan itu akan terjadi penumpukan sampah yang akibatnya dapat merugikan masyarakat itu sendiri nantinya,” kata Serka Eri mengingatkan.

Kondisi aliran Sungai Ciburaleng, Desa Sindang Pakuon, Kecamatan Cimanggung, seusai dilakukan korve, Minggu (27/10/2019).

Serka Eri menekankan, “Memasuki musim penghujan ini, kita tentunya tidak akan mengendurkan pengawasan terhadap limbah industri dan bagi pembuang sampah sembarangan ke aliran sungai,” ujarnya.

“Sanksi tindakannya sudah jelas jika ketahuan,” tegasnya.

Direncanakan, untuk meminimalisir penumpukan sampah, akan dibuatkan sekat (pagar) tambahan di aliran sungai Ciburelang dengan masing-masing wilayah memiliki tanggung jawab. [St]