Musim Hujan, Satgas Citarum Subsektor Cisangkuy Waspadai Sampah Di Daerah Aliran Sungai

by -342 views
Musim Hujan, Satgas Citarum Subsektor Cisangkuy Waspadai Kebersihan Daerah Aliran Sungai

KAB. BANDUNG, sorotnusantara.com,- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 07/Cisangkuy laksanakan giat patroli sungai dan pengecekan bak sampah di wilayah Desa Langonsari, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung, Kamis (14/2/2019).

“Hujan deras yang turun beberapa hari ini membuat permukaan sungai meluap, sehingga kami melaksanakan pengecekan untuk memastikan tidak ada lagi oknum warga dan pabrik yang memanfaatkan naiknya permukaan sungai untuk membuang sampah dan limbah sembarangan,” kata Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat melalui Dansubsektor 21-07 Sertu Diyono.

Dansubsektor 21-07 Sertu Diyono melakukan pengecekan ke tempat pembuangan sampah di Desa Langonsari, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung, Kamis (14/2/2019).
Dansubsektor 21-07 Sertu Diyono beserta jajaran melakukan pengecekan ke tempat pembuangan sampah di Desa Langonsari, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung, Kamis (14/2/2019).

Alhamdulillah, sejauh ini kami sudah jarang menemukan titik-titik penumpukan sampah, karena dibantaran sendiri sampah langsung dibakar, terutama di TPS yang sudah dibangun oleh satgas. Jika ada oknum warga yang ditemukan masih membuang sampah sembarangan tentunya segera kami ambil tindakan,” ujar Sertu Diyono.

Saat ditanya tindakan apa yang diambil oleh satgas untuk warga yang ditemukan membuang sampah, dijawab oleh Sertu Diyono, “Minimal teguran langsung dirumahnya,” tegasnya.

“Selain itu kami selalu melaksanakan kegiatan komsos langsung ke warga masyarakat terkait dengan kebersihan, karena ini juga untuk kepentingan masyarakat. Jika lingkungan dan wilayah sungai bersih, tentunya masyarakat akan merasa nyaman,” lanjut Diyono.

“Sampah rumah tangga yang berjalan diatas permukaan sungai juga kami sudah jarang lihat, namun saat ini kebanyakan adalah batang bambu dan ranting pohon yang kerap terbawa oleh arus sungai, sehingga menyangkut di tiang-tiang jembatan, tapi itu kami langsung bersihkan lagi,” ungkap Diyono.

“Sidak ke IPAL pabrik juga kami laksanakan dengan jadwal yang tidak tetap, sesuai arahan dari Dansektor. Terutama malam atau pas turun hujan,” ucap Diyono.

Kemajuan-kemajuan di wilayah Sungai Cusangkuy ini diakui oleh warga setempat, seperti kata Ibu Tina (48) warga Desa Langonsari RW 04. “Sebelum ada satgas dari TNI masuk, seringkali kalau malam sungai ini bau limbah sampai ke rumah,” ungkap Tina yang memiliki usaha warung dirumahnya.

Alhamdulillah, sekarang sudah jarang,” ujar Tina yang diiyakan oleh tetangganya, Harun.

Senada dengan itu, dikatakan oleh Ketua Rt 04 Rw 03, Kamal, “Terimakasih kepada Satgas Citarum, Pak Yusep, yang juga sudah membantu pembangunan bak sampah disini. Sehingga sampah warga disini bisa dikelola dengan lebih baik lagi, dan tempatnya lebih luas,” jelasnya.

Dikatakan lebih lanjut oleh Kamal, di wilayahnya akan ada perbaikan bak sampah di sebanyak dua titik, karena yang satunya sudah rusak.

“Kami juga selalu ikut sosialisasi kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya.[St]