Satgas Citarum Sektor 21 Sumedang Bersama Gugus Tugas Covid-19 Desa Sawahdadap Laksanakan Giat Penyemprotan Disinfektan

oleh
Satgas Citarum Sektor 21 Sumedang Bersama Gugus Tugas Covid-19 Desa Sawahdadap Laksanakan Giat Penyemprotan Disinfektan

SUMEDANG, sorotnusantara.com,- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15 bersama dengan aparatur dan Gugus Tugas covid-19 Desa Sawahdadap, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, melaksanakan giat penyemprotan disinfektan di lingkungan rumah warga, Senin (13/4/2020).

Kegiatan tersebut turut dihadiri antara lain oleh Kepala Desa Sawahdadap, Suganda, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta tokoh masyarakat dan warga.

“Kami Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15 hari ini melaksanakan giat penyemprotan disinfektan di lingkungan warga Desa Sawahdadap RW 05 sampai RW 08,” kata Serka Eri Krisyana atau yang akrab disapa dengan panggilan Serka Erik.

“Tugas kami ini untuk membantu pemerintah desa dan warga masyarakat setempat dalam rangka penanganan Covid-19,” tambahnya.

“Pada penanganan pandemi Covid-19 yang kini sedang mewabah di tanah air, kita harus sadari bersama bahwa tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja, tapi semua pihak termasuk warga masyarakat harus terlibat, seperti anjuran untuk physical distancing atau menjaga jarak aman. Mudah-mudahan khususnya di Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang ini terbebas dari virus tersebut,” harap Serka Erik.

Kesempatan terpisah, Kepala Desa Sawahdadap melalui Sekdes Inka Zakiyah, S.Pd., mengatakan kepada wartawan terkait kegiatan penyemprotan disinfektan yang dilaksanakan hari ini bersama Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15/Sumedang, “Kami atas nama Pemerintah Desa Sawahdadap, Kecamatan Cimanggung, merasa sangat terbantu dengan hadirnya Satgas Citarum yang dikomando oleh Bapak Erik,” jelasnya.

“Mereka dengan sigap datang secara sukarela membantu kami dalam kegiatan penyemprotan disinfektan ke RW 05 s.d RW 08. Untuk itu kami haturkan banyak terimakasih kepada jajaran Satgas Citarum yang ramah dan juga selalu siap membantu kami,” ungkapnya.

Selain penyemprotan disinfektan, sebelumnya jajaran Satgas Citarum Subsektor 21-15 sudah kerap bekerjasama dengan Pemerintah Desa Sawahdadap dalam kegiatan karya bhakti membersihkan lingkungan dan daerah aliran sungai.

Lebih lanjut dikatakan oleh Inka Zakiyah, pada penanganan covid-19 di desanya, Gugus Tugas Covid-19 Desa Sawahdadap juga bersinergi dengan komponen masyarakat, seperti Karang Taruna dan unsur masyarakat lainnya.

“Kegiatannya antara lain bagi-bagi masker kepada pengendara yang lewat. Untuk warga yang terpaksa harus beraktifitas di luar rumah dan belum memiliki masker, bisa datang ke kantor desa,” terangnya.

Dikatakan lebih lanjut oleh Inka Zakiyah, “Untuk penyemprotan disinfektan ini pun kita laksanakan bergilir di tiap RW. Kita bantu warga dalam kegiatan penyemprotannya, terutama di bagian luar rumah,” ujarnya.

Inka Zakiyah juga mengingatkan kepada warga Desa Sawahdadap yang baru pulang dari daerah yang termasuk zona merah untuk melakukan isolasi mandiri minimal 14 hari.

“Ya, kita ingatkan kepada warga yang baru datang dari daerah lain terutama yang termasuk zona merah, untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Kita juga selalu monitor melalui pemeriksaan kesehatan dan berkomunikasi melalui nomor WhatsApp,” terangnya.

Alhamdulillah, sejauh ini dari monitoring pada sejumlah warga yang melakukan isolasi mandiri, kondisinya sehat dan sudah beraktifitas normal,” pungkasnya.

[St]