Satgas Citarum Sektor 21 Sub 03 Cipamokolan Akan Hijaukan Jalur Inspeksi

oleh
Satgas Citarum Sektor 21 Sub 03 Cipamokolan Akan Hijaukan Jalur Inspeksi

BANDUNG, sorotnusantara.com,- Sungai Cipamokolan yang kini sedang dilaksanakan proses pekerjaan pengerukan sedimentasi, kini sudah tampak lebih lebar dan rapi dari sebelumnya.

Pengerukan yang dimulai sejak 24 Juli 2020 lalu, telah berhasil mengangkat hingga ratusan kubik sedimentasi.

“Sungai Cipamokolan di bagian barat telah dilakukan pengerukan secara bertahap dan langsung finishing di sepanjang 400 meter,” kata Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 03/Cipamokolan Serka Hamdani, (23/9/2020).

Dijelaskannya lebih lanjut bahwa total sedimentasi yang akan dikeruk ada di sepanjang 8 Km di bagian barat dan timur yang meliputi Desa Buah Batu dan Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

“Bantaran sungai dibuat 8 meter, yang selanjutnya bantaran yang lebar 8 meter tersebut rencana kedepannya secara simultan akan digunakan 4 meter untuk jalan inspeksiĀ  dan 4 meter lagi untuk tanaman keras produktif yang hasilnya di kemudian hari bisa bermanfaat untuk masyarakat, seperti jenis tanaman atau pohon nangka dan kopi,” terang Serka Hamdani.

Harapannya, pada program Citarum Harum ini, Satgas mengajak warga masyarakat untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran untuk melestarikan sungai. “Tentunya jika sungai sudah senantiasa bersih dan rapih, bisa membawa banyak manfaat bagi masyarakat sekitar,” pungkasnya.