Satgas Citarum Sektor 21 Solokanjeruk Angkat Sampah Berpotensi Hambat Aliran Sungai Di Desa Padamukti

oleh
Satgas Citarum Sektor 21 Solokanjeruk Angkat Sampah Berpotensi Hambat Aliran Sungai Di Desa Padamukti

KAB. BANDUNG, sorotnusantara.com,- Antisipasi terjadinya penumpukan sampah di daerah aliran Sungai Citarik, anggota Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 17/Solokanjeruk bersama warga pelopor kebersihan melaksanakan giat korve di Desa Padamukti, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung.

Kegiatan yang dilaksanakan setelah apel pengecekan personil tersebut, sasarannya adalah pengangkatan sampah yang berada di sekitar tiang jembatan yang berlokasi di Kampung Lembang Bagus RT 03 RW 10.

“Iya, kita saat ini melaksanakan giat rutin pembersihan sungai, targetnya adalah sampah di Kampung Lembang Bagus RT 03 RW 10, Desa Padamukti,” kata Serma Agus Sumarna.

Tampak di lokasi korve, didominasi oleh sampah organik seperti potongan bambu, ranting pohon dan tanaman liar serta sampah plastik. Sampah-sampah tersebut berpotensi menghambat aliran sungai.

“Mudah-mudahan setelah pembersihan ini, aliran sungai berjalan lebih lancar,” ujar Serma Agus Sumarna.

Usai giat bersih-bersih aliran sungai dan ishoma, kemudian anggota Satgas Citarum melaksanakan patroli dilanjutkan komsos kepada warga masyarakat secara personal door to door.

“Anggota melaksanakan patroli limbah di sekitar Desa Solokanjeruk, Jalan Raya Rancaekek-Majalaya Km 03 hingga Km 07, Kecamatan Solokan Jeruk. Hasilnya, aliran sungai bebas dari limbah industri,” ungkapnya.

Ditambahkan oleh Serma Agus Sumarna bahwa kegiatan komsos dilakukan kepada warga di Kampung Rancakaso RT 03 RW 10, Desa Padamukti.

“Pada giat komsos kepada warga, kita menyampaikan terkait bahayanya limbah dan sampah yang dibuang sembarangan,” tandasnya.****