Lagi, Satgas Citarum Sektor 21 Lokalisir Pembuangan Limbah Pabrik

by
Satgas Citarum Sektor 21 Lokalisir Pembuangan Limbah Pabrik
Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13 melokalisir lubang pembuangan limbah di outllet dan outfall IPAL PT How Are You, Jumat (13/9/2019).

sorotnusantara.com, CIMAHI,- Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13 melokalisir saluran pembuangan limbah pabrik PT How Are You, Kota Cimahi, pada hari, Jumat (13/9/2019) siang, setelah pada kegiatan patroli menemukan perusahaan produk tekstil tersebut membuang hasil olahan limbahnya dengan kondisi yang kurang maksimal.

Sehari sebelumnya juga jajaran Sektor 21 Satgas Citarum telah melokalisir saluran pembuangan limbah milik perusahaan cat PT Rajawali Hiyoto, karena dipergoki membuang cairan dengan kondisi berwarna ke media lingkungan.

Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat menyebutkan, lokalisir pembuangan limbah PT How Are You itu dilakukan dari hasil penelusuran anggota Subsektor 21-13 di Sungai Cibabat pada pukul 10.30 WIB. “Hasil penelusuran menemukan┬ásaluran air limbah di lokasi titik outfall IPAL PT How Are You kondisi air berwarna keruh, berbau dan berbusa,” terangnya.

Kemudian anggota melakukan pengecekan ke outlet IPAL, lanjut Kolonel Yusep. “Kondisi di outlet, saat dicek dengan memasukan ikan mas dan ikan mujair ke bak indikator yang berada di outlet, ikan tidak sanggup hidup, menandakan hasil olahan limbahnya belum aman dibuang ke sungai,” jelas Kolonel Yusep.

Ikan mas dan nila kolaps saat dimasukan ke bak indikator outlet IPAL PT How Are You, Jumat (13/9/2019).

“Sehingga diputuskan untuk melokalisir lubang pembuangan limbahnya dan memberi kesempatan kepada perusahaan untuk memperbaiki pengelolaan limbahnya,” jelasnya lagi.

Menanggapi penutupan pembuangan limbah PT How Are You, pihak manajemen menyatakan segera melakukan evaluasi dan memperbaiki proses IPAL. “Segera setelah perbaikan, kami akan menghubungi Satgas,” ujar Mr. Liu yang juga telah membuat komitmen untuk turut menjaga kualitas olahan limbahnya dalam rangka mendukung Citarum Harum.[St]