Satgas Citarum Sektor 21 Lagadar Cek IPAL PT Jerdytex

oleh
Satgas Citarum Sektor 21 Lagadar Cek IPAL PT Jerdytex
Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 11/Lagadar melaksanakan giat pengecekan IPAL PT Jerdytex, Kamis (23/7/2020).

KAB. BANDUNG, sorotnusantara.com,- Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 11 melaksanakan giat pengecekan IPAL PT Jerdytex di Desa Lagadar RT 02 RW 03, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Kamis (23/7/2020).

PT Jerdytex adalah salasatu perusahaan produk tekstil yang memproduksi limbah cair yang hasil olahannya dibuang ke aliran sungai.

Didampingi staf perusahaan, Arya, dan Marsya selaku penanggung jawab IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah), anggota Satgas Citarum mengecek proses olahan limbah hingga ke outlet dan bak indikator berisi ikan sesuai arahan Dansektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat.

Tampak di outlet dan bak indikator sebelum air dibuang ke sungai, kondisi air berwarna jernih dan ada ikan koi hidup.

“Hari ini, kami Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 11 melaksanakan giat pengecekan ke IPAL PT Jerdytex di Kampung Sayuran, Desa Lagadar, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung,” jelas Serma Zamroni.

Diterangkannya lebih lanjut, “Kita dapati air olahan limbahnya berwarna jernih, tidak berbau, dan ada ikan koi hidup di bak indikator,” terangnya.

Bak indikator outlet IPAL PT Jerdytex yang berisi ikan koi.

Serma Zamroni pada kesempatan itu meminta kepada staf dan manajemen PT Jerdytex konsisten dengan hasil olahan limbahnya yang dibuang ke sungai.

“Kami mendapat tugas untuk menumbuhkan kembali ekosistem di daerah aliran sungai. Oleh karena itu, kita butuh kerjasama yang baik dari pihak perusahaan. Sedikit saja limbah yang dibuang ke aliran sungai, tentu akan berbahaya bagi ekosistem,” tekannya.

“Ya, kami ucapkan terima kasih kepada perusahaan PT Jerdytex yang masih konsisten terhadap olahan limbahnya dengan baik,” kata Serma Zamroni.

Pengawasan oleh Satgas Citarum Sektor 21 terhadap industri ini rutin dilaksanakan dan bekerjasama dengan warga masyarakat sebagai jejaring informasi dalam mewujudkan cita-cita Citarum Harum.

[St]