Satgas Citarum Sektor 21 Citepus Bersihkan Sampah Dan Tanaman Liar Di Bojong Suren

oleh
Satgas Citarum Sektor 21 Citepus Bersihkan Sampah Dan Tanaman Liar Di Bojong Suren

KAB. BANDUNG,- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 06/Citepus bersama dengan warga pelopor kebersihan konsisten melaksanakan korve membersihkan daerah aliran sungai meski sedang menjalankan ibadah puasa ramadan serta dalam masa pandemi covid-19.

Kegiatan korve selepas apel pagi kali ini, sasarannya adalah pengangkatan sampah di permukaan sungai dan pembersihan bantaran dari rerumputan liar yang sudah tumbuh cukup tinggi.

“Satgas Citarum Sektor 21-06 hari ini melaksanakan pembersihan daerah aliran sungai di Kampung Bojong Suren RW 11, Kelurahan Pasawahan, Kecamatan Dayeuhkolot,” kata Serka M. Nur, Senin (4/5/2020).

“Hasilnya, kondisi permukaan sungai dan bantaran bersih dari sampah dan juga ilalang atau rumput liar. Sampah yang berhasil dikumpulkan kurang lebih 100 Kg,” jelasnya.

Selain itu, satgas juga mempelopori kegiatan memungut sampah yang ditemukan di pinggir sungai dan dikumpulkan ke bak sampah terdekat.

“Kita sambil melaksanakan pengawasan sampah yang berada di bak sampah bakar Kampung Bojong Suren dan Kampung Sekeandur Desa Cangkuang Wetan untuk selanjutnya melaksanakan giat proses pembakaran,” terang Serka M. Nur.

Setelah itu, Satgas Citarum Sektor 21-06 melaksanakan giat rutin patroli sungai dan komsos kepada warga masyarakat.

“Pada giat komsos ini, kami tidak akan pernah bosan mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif mengembalikan ekosistem dan kelestarian sungai,” ungkap Serka M. Nur.

Dijelaskannya lebih lanjut, “Jika kepedulian dan kesadaran masyarakat seluruhnya sudah tumbuh, Insya Allah sungai yang berada di sekitar tempat tinggalnya akan memberikan banyak manfaat,” ujarnya sambil tetap mengajak warga yang dikunjungi untuk menjadi jejaring informasi bila menemukan ada oknum warga atau perusahaan yang membuang sampah atau limbah ke aliran sungai.

Selanjutnya Melaksanakan giat Komsos dengan masyarakat mengajak supaya ikut serta berperan aktif mengembalikan ekosistem dan kelestarian sungai dengan menghijaukan kembali bantaran sungai menjadi jaring informasi industri yang masih membuang limbah ke sungai dan bersama menjaga serta menjadi pelopor untuk tidak membuang sampah di sungai.
[St]