Satgas Citarum Sektor 21 Cileunyi Sampaikan Komsos Kebersihan Lingkungan Dan PHBS Kepada Warga

oleh
Satgas Citarum Sektor 21 Cileunyi Sampaikan Komsos Kebersihan Lingkungan Dan PHBS Kepada Warga

KAB. BANDUNG, sorotnusantara.com,- Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 02/Cileunyi melaksanakan giat rutin komunikasi sosialisasi (komsos) kepada warga masyarakat. Kegiatan yang disampaikan adalah pentingnya menjaga kebersihan lingkungan terutama sungai dan pentingnya melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Kami Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 02 hari ini melaksanakan kegiatan komunikasi sosial kepada warga masyarakat. Kegiatan ini dilakukan setelah tadi korve di aliran sungai,” jelas Pelda Bernando Cavio, Jumat (9/10/2020).

Diterangkannya bahwa komsos dilaksanakan dibagi tugas kepada warga secara personal yang meliputi 7 desa, yakni warga Desa Bojongloa, Desa Rancaekek Wetan, Desa Rancaekek Kulon, Desa Cileunyi Kulon, Desa Cileunyi Wetan, Desa Cibiru Hilir dan di Desa Tegal Sumedang.

“Hari ini kami melaksanakan komsos kepada warga di Kampung Pesantren RT 02 RW 03, Desa Bojongloa, Kecamatan Rancaekek dan di Kampung Jajaway RT 02 RW 18, Desa Cileunyi Kulon, Kecamatan Cileunyi,” terang Bernando.

“Kita melaksanakan giat sosialisasi kepada masyarakat untuk mengajak supaya ikut serta berperan aktif mengembalikan ekosistem dan kelestarian sungai dengan menghijaukan kembali bantaran sungai, menjadi jaring informasi, dan bersama menjaga serta menjadi pelopor untuk tidak membuang sampah di sungai,” ungkapnya.

“Selain itu, kita menyampaikan kepada warga untuk melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), terutama di masa pandemi Covid-19 ini agar mematuhi protokol kesehatan,” tambah Bernando.

Sebelum melaksanakan komsos, Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 02 bersama warga pelopor kebersihan pada pagi hari turun ke Sungai Cikeruh di Kampung Buah Dua RT 02 RW 05, Desa Rancaekek Wetan.

Sasarannya adalah pembersihan sampah di permukaan sungai dan pembabatan rumput di bantaran.

“Ya, tadi kita korve bersama warga pelopor kebersihan di Sungai Cikeruh Kampung Buah Dua RT 02 RW 05, Desa Rancaekek Wetan,” jelas Pelda Bernando Cavio.

“Panjang sungai yang dibersihkan sekitar 60 meter. Sampah yang berhasil dikumpulkan kurang lebih 75 kilogram,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan dengan tidak adanya sampah yang menghambat aliran sungai, air bisa berjalan dengan lancar,” pungkas Pelda Bernando Cavio.

[St]