Satgas Citarum Sektor 21 Cileunyi Giat Rutin Bersihkan Sampah Dan Tanaman Liar Di Sungai Cikeruh

oleh
Satgas Citarum Sektor 21 Cileunyi Giat Rutin Bersihkan Sampah Dan Tanaman Liar Di Sungai Cikeruh

KAB. BANDUNG, sorotnusantara.com,- Anggota Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 02/Cileunyi bersama dengan warga pelopor kebersihan, melaksanakan giat korve rutin membersihkan daerah aliran sungai.

Seperti yang dilaksanakan pada hari, Minggu (1/11/2020), selepas apel pengecekan personel dan patroli, anggota satgas beserta jajaran menuju ke lokasi korve di Kampung Sukarame RT 02 RW 03, Desa Cileunyi Kulon, Kecamatan Cileunyi.

Sasarannya adalah pembersihan sampah dan pembabatan rumput liar yang tumbuh di bantaran sungai.

“Kami Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 02, dibantu warga pelopor kebersihan melaksanakan korve di daerah aliran Sungai Cikeruh, tepatnya di Kampung Sukarame RT 02 RW 03, Desa Cileunyi Kulon,” jelas Pelda Bernando Cavio.

Sebelum dilaksanakan korve, tampak kondisi bantaran sungai dipenuhi tanaman liar yang menganggu dan berpotensi menjadi tempat pembuangan sampah oleh oknum warga. Disamping lokasinya yang dekat dengan jembatan dan tempat lalu lalang.

“Pada giat kali ini, sampah yang dikumpulkan dan diangkat kurang lebih sebanyak 75 Kg,” ungkap Bernando.

“Mudah-mudahan dengan bersihnya permukaan dan bantaran sungai disini, bisa memotivasi warga sekitar untuk turut melestarikannya dengan tidak dikotori,” harapnya.

Kondisi daerah aliran Sungai Cikeruh di Desa Cileunyi Kulon setelah korve.

Usai kegiatan korve dan ishoma, anggota Satgas Citarum kemudian melaksanakan komunikasi sosial (komsos) kepada warga masyarakat secara door to door untuk menyampaikan ajakan supaya warga masyarakat ikut serta berperan aktif mengembalikan ekosistem dan kelestarian sungai dengan menghijaukan kembali bantaran sungai, menjadi jaring informasi, dan bersama menjaga serta menjadi pelopor untuk tidak membuang sampah di sungai.