Satgas Citarum Sektor 21-17 Solokanjeruk Partisipasi Di Kegiatan Padat Karya Desa Solokanjeruk Angkat Sedimentasi Anak Sungai Cikaro

oleh
Satgas Citarum Sektor 21-17 Solokanjeruk Partisipasi Di Kegiatan Padat Karya Desa Solokanjeruk Angkat Sedimentasi Anak Sungai Cikaro

KAB. BANDUNG,- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 17 berpartisipasi membantu kegiatan padat karya yang diadakan oleh Pemerintah Desa Solokanjeruk di anak Sungai Cikaro yang melintasi jalan protokol Desa Solokanjeruk, Kamis (14/5/2020).

Kegiatannya adalah pengangkatan sedimentasi yang sudah cukup tebal di aliran parit tersebut.

“Ya, hari ini kita Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 17 membantu kegiatan padat karya yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Solokan Jeruk,” kata Serma Agus Sumarna.

Pengangkatan atau pengerukan sedimentasi secara padat karya tersebut merupakan kegiatan simultan dengan pekerjaan pengerukan yang saat ini sedang dilaksanakan menggunakan alat berat.

“Lokasi padat karya adalah yang sebelumnya dikerjakan oleh alat berat. Tetapi pekerjaan alat berat tidak maksimal, karena ada kendala yaitu banyaknya jembatan-jembatan atau gorong-gorong yang sulit dijangkau alat berat, sehingga sebagai alternatif solusinya mengangkat sedimen tersebut secara manual (padat karya),” jelas Agus Sumarna.

Sasaran yang dikerjakan menggunakan alat berat (Kobelco) untuk mengangkat sedimentasi sepanjang kurang lebih 2,6 Km di Kampung Solokangarut Rw 05 dan RW 06 Desa Solokan jeruk.

Lokasi ini sendiri sering terjadi banjir jika musim hujan dan air terkendala mengairi sawah.

Kepala Desa Solokanjeruk Dedi Ruskandi menurut informasi yang dihimpun pewarta, menggelar kegiatan padat karya ini dengan melibatkan sekitar 90 orang warga yang terdampak covid-19. Antara lain warga yang terkena PHK atau yang dirumahkan oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Anggaran padat karya itu sendiri menggunakan alokasi dana desa dan dilaksanakan selama 7 hari.(*)