Satgas Citarum Sektor 21-13 Patroli Di Sungai Cisangkan

oleh
Satgas Citarum Sektor 21-13 Patroli Di Sungai Cisangkan

CIMAHI, sorotnusantara.com,- Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13 melaksanakan giat patroli di Sungai Cisangkan untuk melihat langsung dan memastikan tidak ada industri yang membuang limbah dengan kondisi yang tidak maksimal, Rabu (20/5/2020) sekitar pukul 13.30 WIB.

Kegiatan ini dimulai dengan pengecekan kondisi aliran sungai yang menjadi pembuangan hasil olahan limbah dari PT Nisshinbo, CV RJU, PT Long Sun dan PT SIAP.

Tampak aliran air di sungai Cisangkan tersebut berwarna normal.

“Ya, kegiatan Satgas Citarum Sektor 21-13 menyisir Sungai Cisangkan ini untuk menindaklanjuti keinginan warga masyarakat di wilayah hilir agar kondisi sungai tetap dalam keadaan bersih jelang libur hari raya Idul Fitri 1441 H,” jelas Serka Lilik Puji Widodo.

Satgas Citarum Sektor 21-13 mengecek outfall PT Nisshinbo, hasil olahan limbah kondisinya bersih, Rabu (20/5/2020).

Menurutnya, berdasarkan informasi yang diperoleh Satgas, bahwa memasuki libur Idul Fitri, industri kerap melakukan giat bersih-bersih di lingkungan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah), yang berpotensi cairan berbahaya dan beracun ikut terbuang ke aliran sungai.

“Saat ini warga di hilir Sungai Cisangkan sudah memanfaatkan aliran sungai untuk beraktifitas anak-anak berenang dan warga memancing ikan,” terang Serka Lilik.

“Oleh karena itu, kesempatan ini juga kami mengingatkan agar semua pihak yang berkepentingan dengan keberadaan sungai ini untuk sama-sama merawat dan menjaganya,” ujarnya.

“Setiap hari kita berpatroli dengan waktu yang tentative, jika kami menemukan ada kelalaian yang mengakibatkan sungai menjadi kotor, tentu kami akan ambil tindakan,” tegasnya.

Satgas Citarum Sektor 21-13 Bersih-bersih Sungai Cimahi Di Cibodas Cempaka

Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13  usai melaksanakan apel pengecekan personil bersama warga pelopor kebersihan, mengadakan giat korve bersih-bersih di anak Sungai Cimahi yang berada di RT 03 RW 14 Kampung Cibodas Cempaka, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan.

“Pagi ini kita korve di anak Sungai Cimahi Kampung Cibodas Cempaka sepanjang kurang lebih 50 meter, kondisi disini daerah aliran sungainya sudah ditumbuhi tanaman liar yang cukup tinggi yang berpotensi menghambat sungai dan menjadi tempat buang sampah oknum warga,” jelas Serka Lilik.

“Hasilnya, berhasil dikumpulkan sampah sebanyak kurang lebih 120 Kg,” ungkapnya.

Dengan kegiatan bersih-bersih yang dilakukan, diharapkan warga masyarakat sekitar turut merawatnya.

“Kami larang warga untuk membuang sampah sembarangan, dan warga diharapkan ikut melestarikan keberadaan aliran sungai dalam kondisi bersih,” kata Serka Lilik.

[St]