Satgas Citarum Sektor 21-12 Laksanakan Korve Bantaran Sungai Di Kampung Kubang Pameuntasan

oleh
Satgas Citarum Sektor 21-12 Laksanakan Korve Bantaran Sungai Di Kampung Kubang Pameuntasan

KAB. BANDUNG,- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 12 bersama dengan warga pelopor kebersihan melaksanakan giat korve di daerah aliran sungai wilayah Desa Pameuntasan, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Minggu (12/4/2020).

Kegiatan yang dilakukan selepas apel pengecekan personil ini, sasarannya adalah pembersihan tanaman liar di bantaran sungai yang berpotensi menghambat aliran air dan tumpukan sampah.

Dijelaskan oleh Sertu E. Nugraha, Satgas Citarum Sektor 21-12, “Kami bersama warga pelopor kebersihan melaksanakan kegiatan korve di aliran anak Sungai Ciwidey yang berlokasi di Kampung Kubang RT 02 RW 02, Desa Pameuntasan, Kutawaringin,” jelasnya.

“Sasaran pembersihan adalah rumput dan tanaman liar,” tambahnya.

Lebih lanjut diterangkannya, “Aliran sungai yang dibersihkan kurang lebih sepanjang 150 meter,” terang Sertu E. Nugraha.

Usai kegiatan korve, dilanjutkan kemudian dengan patroli sungai di Desa Sukajadi, Kecamatan Soreang. Patroli ini untuk mencermati bilamana ada sampah ataupun aliran limbah.

“Hasil patroli, Alhamdulillah, kondisi sungai dalam keadaan bersih, tidak ditemukan adanya sampah permukaan yang menghambat kelancaran aliran sungai dan tidak tercemar limbah,” ujarnya.

Ia berharap, kondisi tersebut tetap dijaga oleh warga masyarakat.

“Kondisi sungai bersih tentunya akan banyak memberikan kebaikan kepada masyarakat. Warga yang berada disekitar DAS Citarum agar senantiasa menjaga kebersihan sungai di wilayah dan tempat tinggalnya masing- masing,” pungkasnya.

[St]