Satgas Citarum Gotong Royong Angkat Tumpukan Sampah Di Anak Sungai Cibaligo

oleh
Satgas Citarum Gotong Royong Angkat Tumpukan Sampah Di Anak Sungai Cibaligo

sorotnusantara.com, CIMAHI,- Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13 bersama warga pelopor kebersihan, melaksanakan giat gotong royong mengangkat sampah yang menumpuk di aliran anak Sungai Cibaligo.

Aliran sungai tersebut sebelum dibersihkan tampak tidak berjalan lancar akibat banyaknya sampah yang didominasi oleh sampah jajanan dan rumah tangga.

Tumpukan sampah yang menghambat aliran sungai sebelum dibersihkan.

“Kami mengerjakan pengangkatan sampah yang menumpuk di terusan Sungai Cibaligo RT 03 RW 02, Kampung Mancong, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, selepas apel bersama team pelopor kebersihan,” kata Serka Lilik Puji Widodo, Senin (14/9/2020).

Pada giat gotong royong ini, tambahnya, sampah yang berhasil diangkat sebanyak kurang lebih 500 kilogram.

“Dari sepanjang 150 meter aliran sungai yang dibersihkan, sampah yang berhasil dikumpulkan dan dikemas dalam karung kurang lebih 500 kilogram,” terangnya.

Sampah yang terkumpul dari hasil gotong royong untuk selanjutnya diangkut oleh kendaraan dari dinas terkait.

Usai korve, anggota satgas kemudian melaksanakan tugas rutin komunikasi sosial (komsos) kepada warga masyarakat dengan cara door to door.

Sasarannya adalah warga di RT 03 RW 02, Kampung Mancong, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan.

“Kita menyampaikan kepada warga supaya senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan dilarang membuang sampah ke sungai. Lalu memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga masyarakat, agar mengikuti anjuran pemerintah untuk mengikuti protokol kesehatan terutama saat beraktifitas di luar rumah. Seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak,” pungkas Serka Lilik.

[St]