Satgas Citarum Cimahi Selatan Perketat Patroli Sungai, Antisipasi Hambatan Aliran Sungai Dan Limbah Industri Serta Siaga Bencana

oleh
Satgas Citarum Cimahi Selatan Perketat Patroli Sungai, Antisipasi Hambatan Aliran Sungai Dan Limbah Industri Serta Siaga Bencana
Kondisi aliran Sungai Cibaligo di Kelurahan Melong RW 01, Kamis (12/11/2020) siang.

CIMAHI, sorotindonesia.com,- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13 pada kondisi cuaca musim hujan ini perketat pelaksanaan patroli sungai guna mengantisipasi hambatan di aliran sungai dan aliran limbah industri.

“Pada musim penghujan ini, kami akan lebih memperketat patroli sungai. Mengantisipasi adanya hambatan di aliran sungai dan adanya aliran limbah industri, juga siaga bencana,” kata Serka Lilik Pudji Widodo, Kamis (12/11/2020).

Usai pengecekan sungai di Jalan Industri sekaligus kegiatan korve di lokasi tersebut, anggota Satgas kemudian melaksanakan patroli antara lain ke Sungai Cikendal, Sungai Cibeureum, dan Sungai Cibaligo.

Korve dan pengecekan aliran sungai di Jalan Industri, Kamis (12/11/2020).

Alhamdulillah, aliran sungai hari ini kondisinya normal,” ungkap Serka Lilik.

Ditegaskan lagi olehnya, “Saat hujan deras, kami akan tingkatkan pengawasan bersama-sama dengan warga masyarakat, khususnya di outfall pabrik yang berpotensi membuang limbah cairnya. Jika ketahuan tentu akan kami laporkan untuk kemudian kami tindak tegas,” ujarnya.

Disamping itu, lanjutnya, wilayah Subsektor 13 di titik tertentu rawan terjadinya bencana banjir dan longsor.

“Sesuai arahan dari Dansektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat, kita juga akan bekerjasama dengan unsur lainnya dalam hal antisipasi dan mitigasi bencana,” tambahnya.

Anggota Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13 sendiri pada tanggal 5 November 2020 lalu turut serta menanggulangi dampak longsor di daerah aliran Sungai Cikendal di Kampung Citopeng RT 05 RW 22 Kelurahan Melong, Kota Cimahi.

[St]