Satgas Citarum Cileunyi Bersihkan Sungai Di Kampung Babakan Harja

by
Satgas Citarum Cileunyi Bersihkan Sungai Di Kampung Babakan Harja

sorotnusantara.com, KAB. BANDUNG,- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 02/Cileunyi laksanakan giat pembersihan daerah aliran sungai bersama dengan warga pelopor kebersihan di wilayah Desa Rancaekek Wetan, Kecamatan Rancaekek, yang dilintasi aliran Sungai Cikeruh, Selasa (11/12/2019).

Kegiatan yang dilakukan seusai apel pengecekan personel yang dipimpin oleh Serma Bernando Cavio ini, mengambil sasaran sampah dan tanaman liar di aliran sungai Kampung Babakan Harja RT 02 RW 09.

“Kita, anggota Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 02 bersama dengan warga, hari ini melaksanakan giat bersih-bersih daerah aliran Sungai Cikeruh di Kampung Babakan Harja RT 02 RW 09, Desa Rancaekek Wetan, Kecamatan Rancaekek,” jelas Bernando usai kegiatan.

Diterangkannya lebih lanjut, “Sungai yang dibersihkan saat ini, lebarnya sekitar 10 meter di sepanjang 90 meter. Sasarannya adalah sampah,” terangnya.

Bernando Cavio berharap, warga masyarakat terus bertumbuh kesadarannya dalam menjaga kebersihan, terutama kebersihan lingkungan sungai.

“Mudah-mudahan kepedulian masyarakat terhadap kecintaannya kepada lingkungan terus semakin meningkat, minimal sudah tidak lagi buang sampah ke saluran air atau sungai, demi kenyamanan bersama,” harapnya.

“Kalau lingkungan bersih, saya kira masyarakat juga bisa merasakan dan menikmatinya, karena akan jauh dari sumber penyakit yang berasal dari sampah dan genangan air,” ujarnya.

Selanjutnya, usai bersih-bersih dan isoma, anggota Satgas menyebar melakukan komsos langsung ke rumah warga, mengajak warga untuk turut mewujudkan Citarum Harum dan mulai membiasakan diri untuk memilah sampahnya, organik dan anorganik, sebelum sampah dibuang atau dimanfaatkan kembali yang sekiranya masih bernilai ekonomi.[St]