Satgas Citarum Bersama Elemen Masyarakat Sinergi Bersihkan Sampah Di Sungai Dan Taman Cilaki

oleh
Satgas Citarum Bersama Elemen Masyarakat Sinergi Bersihkan Sampah Di Sungai Dan Taman Cilaki

BANDUNG, sorotnusantara.com,- Satgas Citarum Sektor 22 Subsektor 22-12 melaksanakan giat bersih-bersih aliran sungai dan taman di kawasan Taman Cilaki (Pet Park), Kota Bandung, bersama dengan Yayasan Ursula, Kodiklat TNI AD, Koramil 0618/12, Kelurahan Cihapit, dan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Bandung. Sabtu (20/10/2018).

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 07.30 Wib ini, diikuti oleh sekitar 200 orang. Dipimpin langsung oleh Dansubsektor 22-12 Serka Abdulloh Fauzi.

Tampak para pegiat antusias menyisir sampah dan dedaunan kering mulai dari titik masuk taman hingga ke ujung taman arah Jl. Citarum yang ramai oleh tenda pedagang. Ratusan kantong sampah plastik yang berhasil dikumpulkan, diangkut oleh beberapa unit kendaraan pick up dan sepeda motor bak roda tiga menuju ke truk sampah dari PD Kebersihan Bandung yang standby di lokasi.

“Tema kegiatan ini adalah Ursula Peduli yang diikuti oleh staf guru dan karyawan. Kami dari pihak sekolah ingin memberikan kontribusi untuk lingkungan di sekitar kami, sebagai sesuatu kegiatan yang bisa memberikan kesempatan kepada kami untuk pengabdian kepada lingkungan dan masyarakat sekitar,” kata Maria M Sartika, Kepala Sekolah Dasar Ursula saat ditemui oleh wartawan di lokasi kegiatan.

Dansektor 22 Satgas Citarum Kolonel Inf Asep Rahman Taufik melalui Dansubsektor 22-12 Serka Abdulloh Fauzi pada kesempatan wawancaranya dengan wartawan seusai kegiatan mengatakan, “Kegiatan ini berjalan dengan baik atas kerjasama Yayasan Ursula dengan Satgas Citarum Harum Subsektor 22-12, bersinergi juga dengan Kodiklatad, Kelurahan Cihapit, dan sebagian dari anak-anak SMK 1 Cimahi,” jelas Dansubsektor.

Alhamdulillah, kita sekitar 200 orang bisa berkumpul bersama dalam mendukung Citarum Harum, pembersihan taman dan sungai di Cilaki ini,” tambahnya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Dansubsektor, “Untuk mendukung kegiatan hari ini, PD Kebersihan menurunkan satu unit truk, kendaraan motor roda tiga satu unit,” ungkapnya.

Dansubsektor 22-12 Serka Abdulloh Fauzi
Dansubsektor 22-12 Serka Abdulloh Fauzi saat memberikan keterangannya kepada wartawan, Sabtu (20/10/2018).

Sampah tersebut dikumpulkan dari sepanjang Jalan Cilaki kurang lebih 800 meter, taman dan di aliran sungai.

Sektor 22 Subsektor 12 yang membawahi Kecamatan Bandung Wetan dan Sumur Bandung ini, dikatakan oleh Dansubsektor Serka Abdulloh Fauzi, kegiatannya selama iniĀ mobile dan selalu berkoordinasi dengan pihak kelurahan.

“Seperti kegiatan hari ini, adalah juga sosialisasi kepada masyarakat, yang tidak hanya sekedar membersihkan, tapi juga bentuk penyadaran kepada warga sekitar agar peduli lingkungan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat,” pungkas Dansubsektor.[St]

Lurah Cihapit tampak ikut serta merapikan tumpukan sampah kayu dan bambu yang diduga dibuang secara sembarangan oleh warga di Taman Cibeunying (Pet Park), Sabtu (20/10/2018).
Lurah Cihapit tampak ikut serta merapikan tumpukan sampah kayu dan bambu yang diduga dibuang secara sembarangan oleh warga di Taman Cilaki (Pet Park), Sabtu (20/10/2018).