Hindarkan Penyempitan Sungai, Satgas Citarum Babad Tanaman Liar Di Aliran Curug Cimuka

oleh
Hindarkan Penyempitan Sungai, Satgas Citarum Babad Tanaman Liar Di Aliran Curug Cimuka

KAB. BANDUNG, sorotnusantara.com,- Tanaman liar dan rumput alang-alang yang tumbuh subur di bibir dan bantaran sungai, berpotensi mempersempit dan menghambat aliran air.

Meminimalisir potensi tersebut, jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 10/Margaasih melaksanakan giat pembersihan dan pembabadan tanaman liar dan semak belukar di daerah aliran sungai Curug Cimuka RW 09, Desa Nanjung.

“Kami, Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 10 bersama warga pelopor kebersihan melaksanakan giat pembersihan sampah, ilalang dan tumbuhan liar lainnya di bantaran Curug Cimuka RW 09, Desa Nanjung, Margaasih,” jelas Sertu Bangbang, Sabtu (8/8/2020).

“Daerah aliran sungai yang dibersihkan kurang lebih sepanjang 120 meter dan lebar 5 meter,” tambahnya.

Tampak ilalang yang tadinya tumbuh dan merambat hingga ke badan air, berhasil diangkat dan dibersihkan, sehingga aliran sungai berjalan dengan lancar.

Usai kegiatan korve dan ishoma, anggota satgas kemudian melaksanakan giat rutin patroli sungai.

Sasarannya adalah di aliran Curug Cibogo dan Curug Ciasem. Air terlihat kondisinya berwarna normal, bebas dari adanya aliran limbah.

“Harapan kami tentunya warga masyarakat semakin sadar dan peduli terhadap kelestarian dan kebersihan sungai. Jika kondisinya bersih, pasti keberadaan aliran sungai ini akan banyak manfaat bagi masyarakat,” pungkas Sertu Bangbang.

[St]