,

Sarasehan Dewan Pendidikan, Bebas Narkoba Prioritas Wali Kota Semarang

oleh
Sarasehan Dewan Pendidikan Kota Semarang

SorotNusantara.com , Semarang – Ketua Dewan Pendidikan Kota Semarang (DPKS) Dr Drs Budiyanto SH MHum mengharapkan peran keluarga dalam mencegah peredaran narkoba sejalan dengan harapan Wali Kota Semarang H Hendrar Prihadi SE MM. Yakni, keluarga sebagai benteng yang kokoh untuk menghadapi ancaman narkoba.

“Di sinilah pentingnya peran orang tua dalam membina keharmonisan rumah tangga. Keluarga yang harmonis memiliki kekuatan dan kemampuan dalam mencegah pengaruh ancaman narkoba sejak dini,” ujar Budiyanto, saat ditemui disela aktifitasnya di Semarang, Senin (9/12/2019).

Ketua DPP IKA UNNES ini mengaku senang, lantaran Wali Kota Samarang saat membuka sarasehan Dewan Pendidikan Kota Semarang dengan Komite Sekolah SD/MI,SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA menyatakan komitmen untuk terus mendorong para pengurus Komite Sekolah di wilayahnya, untuk membantu satuan-satuan pendidikan dalam membentengi dan mencegah peredaran narkoba yang mengancam peserta didik.

“Kami berharap Komite Sekolah di Semarang berperan aktif dalam membentengi para siswa di satuan-satuan pendidikan dari ancaman narkoba,” ujarnya menirukan Wali Kota Semarang.

Hendi, sapaan Hendrar Prihadi, juga mengatakan bahwa untuk membentengi peserta didik dari ancaman narkoba tidak hanya menjadi tanggung jawab kepala sekolah dan para guru. Melainkan masyarakat atau para wali murid juga mengemban amanat menyelamatkan peserta didik dari ancaman musuh bersama masyarakat itu.

Hendi juga menyebut Komite Sekolah sebagai representasi masyarakat yang bertugas membangun komunikasi dengan para orang tua dan masyarakat agar lebih pro aktif dalam mengawasi perilaku dan kegiatan anak-anakanya diluar jam sekolah.

Selain itu, dalam menghadapi ancaman narkoba di sekolah, dibutuhkan kerja sama yang erat dari semua pihak, baik antara pihak sekolah, komite dan masyarakat. Semuanya harus bergerak bersama-sama.

“Bebas narkoba bagi Pemkot Semarang adalah bagian dari target atau prioritas pembangunan dalam upaya mewujudkan Samarang Hebat, utamanya hebat dalam hal pendidikan,” tuturnya. (arh)