Sambut HUT ke-74, PMI Kota Semarang Gandeng Berbagai Potensi

by
Suasana dalam rapat koordinasi HUT ke 74 PMI di aula markas PMI Kota Semarang. (doc)

SOROTNUSANTARA.COM , SEMARANG – Palang Merah Indonesia (PMI) akan memasuki usianya ke 74 pada tanggal 17 September mendatang. Hari ulang tahun tersebut akan dirayakan oleh PMI Kota Semarang dengan menggandeng berbagai potensi yang ada di Kota Semarang.

Menurut sekretaris PMI Kota Semarang, H Surachman, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah kota Semarang untuk melaksanakan upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional dan HUT ke 74 PMI. “Kami (PMI) telah berkoordinasi melalui rakor antara PMI dengan Pemkot Semarang pada 26 Agustus dan 6 September kemarin,” kata Surachman seusai kegiatan, Selasa (10/9/2019).

Karenanya, PMI menindaklanjuti pertemuan tersebut dengan rapat koordinasi dengan beberapa potensi yang menjadi mitra dalam kegiatan kemanusiaan. “Untuk mensukseskan acara tersebut, hari ini, Selasa, di aula Lt 3 Markas, kami adakan rakor yang dihadiri 52 orang,” ungkapnya.

Disebutkannya, potensi yang dimaksud di antaranya dari unsur pembina PMR Mula, Madya, Wira, KSR dan TSR, Sibat, dan KSB. Selain itu, pihaknya juga melibatkan beberapa mitra.

Suasana dalam rapat koordinasi HUT ke 74 PMI di aula markas PMI Kota Semarang. (doc)

Dalam rakor tersebut dihasilkan beberapa keputusan di antaranya kesediaan unsur relawan PMI sejumlah 9 orang dengan 1 orang pendamping, unsur sibat orang dari tiap kelurahan, unsur KSB 10 orang dan dari SAR, BPBD, Bankom, MIK Semar menyiapkan 10 orang untuk mengikuti upacara. “Total jumlah peserta yang terlibat ada sekitar 1600 orang dari PMI dan ASN,” jelasnya..

Sementara, Kepala Markas PMI Kota Semarang, Endang Puji Astuti berharap, dengan melibatkan mitra PMI dalam berbagau kegiatan dapat mempererat tali silaturahmi dan hubungan yang harmonis dalam kerjasama.

“Dengan demikian, jangkauan kita dalam membantu masyarakat yang membutuhkan, tentunya akan semakin luas dan semakin maksimal, karena informasi apapun dapat kita ketahui dengan lebih cepat,” tuturnya.

Dijelaskannya, adanya kecepatan informasi tersebut akan mempercepat pula pada penanganan yang dibutuhkan. “Lebih cepat, tepat dan berkualitas. Karena masing-masing institusi memiliki relawan, sarana prasarana dan ketrampilan yang berbeda, sehingga bila digabung hasilnya pasti akan lebih tangguh, sebagaimana dalam tema HUT PMI tahun ini,” ujarnya.

Untuk diketahui, HUT ke 74 PMI mengangkat tema ‘Kita tangguh Indonesia maju’. Dalam hal ini ditekankan pada ketangguhan PMI dan seluruh relawannya dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan melalui kerjasama dengan mitra dan masyarakat.

“Insya Allah misi PMI dapat tercapai dengan kemitraan strategis yang berkesinambungan, baik dengan pemerintah, swasta, mitra gerakan dan pemangku kepentingan lain. Selain itu dengan adanya UU No. 1 Tahun 2018, keberadaan PMI tidak sendirian lagi, melainkan bersama Pemerintah,” pungkasnya. (arh)