,

Salurkan Bantuan Korban Banjir, BAZNAS Melawi Gandeng Banser

oleh
Foto : proses penyaluran bantuan Baznas (dok.ist)

 

SorotNusantara.com , Melawi – Curah hujan dengan intensitas tinggi dalam sepekan dini di Kabupaten Melawi Kalimantan Barat mengakibatkan sejumlah sungai tak kuasa menampung debit air. Airpun meluap ke pemukiman penduduk dan merendam ribuan rumah warga.

Melawi dikepung banjir, banyak warga yang terpaksa harus mengungsi. Meski dalam kondisi demikian, namun tidak sedikit pula yang memilih tetap bertahan di rumahnya dengan mengandalkan perlengkapan dan makanan seadanya.

Menyikapi hal itu, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Melawi menggandeng Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kabupaten Melawi untuk menyalurkan bantuan bagi warga yang menjadi korban meluapnya aliran sungai di Desa Kelakik dan Desa Baru Kecamatan Nanga Pinoh.

“Kami tidak punya banyak personil untuk turun ke lapangan mendistribusikan bantuan dari para donatur dan muzaki di BAZNAS Melawi ini,” kata Ketua BAZNAS Kabupaten Melawi Ali Murtadho di lokasi bencana, Selasa (14/7/2020).

Foto : proses penyaluran bantuan Baznas (dok.ist)

Oleh karena itu, lanjutnya, BAZNAS Melawi mengajak mitra kerja yang telah terbiasa bertugas di lapangan untuk mengirimkan bantuan tersebut. Dia sebutkan diantaranya GP Ansor bersama pasukan Banser, penyuluh agama dan relawan PMI Melawi.

Lebih lanjut Ali mengungkapkan, sedikitnya terdapat 100 paket sembako yang didistribusikan oleh BAZNAS Melawi bagi dua Desa di Kecamatan Nanga Pinoh yang terendam banjir, “Ada 100 paket sembako untuk dua desa yang didistribusikan bersama Banser Melawi,” ungkapnya.

Wakil Ketua BAZNAS Bidang Pendistribusian Kiso menambahkan, kerja sama apik antara BAZNAS dengan GP Ansor Melawi dalam aksi-aksi kemanusiaan sudah terjalin beberapa kali, terutama dalam membantu pendistribusian bantuan untuk korban bencana alam seperti banjir kali ini.

“Kami sengaja mengajak personil Banser, karena Banser itu kan pasukan serbagunanya NU. Ini (kerja sama) akan terus dilanjutkan,” ujarnya mantap.

Dalam kesempatan itu, beberapa jajaran wakil ketua GP Ansor Melawi, dan Wakil Kepala Satuan Koordiasi Cabang (Wakasatkorcab) Banser Melawi beserta Kepala Satuan Provos Banser Melawi ikut turun langsung mengikuti proses distribusi bantuan yang dikawal Barisan Ansor Serbaguna (Banser).

Wakil Ketua Bidang hubungan antar lembaga, Muhammad Sukarno menyatakan apresiasi atas peran personil Banser Melawi dalam pengawalan dan pendistribusian bantuan BAZNAS Kabupaten Melawi.

“Sahabat Banser tidak segan-segan berenang dalam air banjir, bahkan harus memanjat atap rumah warga untuk bisa mengantarkan paket sembako bantuan dari BAZNAS Melawi,” ungkapnya.

Ia berharap warga yang tertimpa banjir, terlebih yang lokasinya terisolir dapat tetap bertahan di rumah masing-masing menanti bantuan selanjutnya. Sukarno juga berharap sinergitas antara BAZNAS Melawi dengan GP Ansor Melawi dapat berkesinambungan.

“Saya senang sekali melihat sinergi antara GP Ansor dan BAZNAS Melawi. Semoga kedepan kerjasama ini akan terus berlanjut. Sahabat Banser Melawi akan selalu siap jika diminta peran sertanya untuk membantu BAZNAS Melawi untuk aksi kemanusiaan,” pungkasnya. (Yadi/arh)