,

Resmi Dilantik, Prima DMI Jateng Diharap Gerakkan 3 Fungsi Utama Masjid

by
Prosesi pelantikan Prima DMI Jateng

SorotNusantara.com , Semarang – Pada zaman Nabi maupun di zaman para wali penyebar Islam di nusantara, Masjid juga memiliki peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sekretaris Pengurus Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) KH Imam Addaruquthni mengungkapkan hal ini saat memberikan arahan dalam pelantikan Perhimpunan Remaja Islam (PRIMA) DMI Jawa Tengah di Masjid Raya Baiturrohman, Simpanglima, Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu, (24/11/2019) sore.

Oleh sebab itu, ia mengajak para pengurus Prima DMI yang baru dilantik untuk bergerak dengan menempatkan 3 fungsi utama masjid. Yakni fungsi dzikir, fikir, dan sosial. Menurutnya, dewasa ini banyak masjid yang belum atau kurang dalam melakukan fungsi sosial.

“Masjid bukan hanya mengurus agama, tapi juga harus memikirkan kesejahteraan jamaah,” terangnya.

Menurut dia, masjid merupakan sebuah simbul kesejahteraan masyarakat, sambungnya, karena itu dirinya berharap adanya remaja atau pemuda yang terstruktur tersebut mampu melakukan gerakan untuk mengembalikan masjid sebagai pusat peradaban umat islam sebagaimana masa Rasulullah.

Sementara Ketua Pengurus Pusat (PP) Prima DMI Ahmad Arafat Aminullah mengingatkan tantangan yang dihadapi generasi muda saat ini semakin berbeda dengan generasi para pendahulunya, “Bukan hanya tantangan hoax, tapi juga tantangan gaya hidup,” kata dia.

Selain itu, ia berpesan untuk merangkul remaja dalam kaderisasi agar menjadi pemimpin yang islami dengan fokus pada 3 bidang, “Fokus pada kaderisasi remaja masjid, baik secara intelektual, keagamaan, maupun skill. Kedua, digitalisasi, dan ketiga ekonomi,” ujarnya.

Menegaskan hal senada, Ketua Prima DMI Jateng Ahsan Fauzi dalam sambutan pelantikan yang dihadiri oleh Perwakilan Gubernur Jateng, Perwakilan Polda Jateng, Ketua MUI Jateng, Ketua DPD KNPI Jawa Tengah dan sejumlah tamu undangan lain menegaskan komitemen kepemimpinannya.

“Pada prinsipnya hadirnya Prima DMI menjadikan remaja yang cinta masjid, cinta NKRI dan anti hoax,” tegasnya.

Lebih lanjut Ahsan menyebut beberapa hal yang akan dilakukan Prima DMI Jateng. Yakni, gerakan masjid bersih, ekonomi masjid, dan melek demokrasi, “Kita akan kerjasama dengan Bawaslu,” jelasnya. (arh)