PSBB Bandung Raya, Dansektor 21 Perintahkan Personel Bantu Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19

oleh

CIMAHI, sorotnusantara.com,- Menyikapi pemberlakuan PSBB oleh pemerintah untuk wilayah Bandung Raya yang dimulai hari ini, Rabu (22/4/2020),  Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat telah memerintahkan personel jajarannya untuk turut membantu.

“Kita ini prajurit, memiliki tanggung jawab mengimbau warga masyarakat untuk tinggal di rumah selama PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), pun bila masyarakat sangat terpaksa keluar karena ada kepentingan yang serius, harus menjaga jarak aman (physical distancing), pakai masker, tidak berkerumun dan mencuci tangan setiap saat,” kata Dansektor 21.

“Mudah-mudahan dengan kita mau disiplin, bersatu melawan covid-19 ini, penyebarannya akan cepat hilang, dan PSBB tidak perlu diperpanjang,” harap Kolonel Inf Yusep Sudrajat.

PSBB Bandung Raya ini, meliputi sebagian besar wilayah tugas Sektor 21, antara lain di Kota Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang.

“Prajurit di Subsektor sudah saya informasikan untuk membantu pemerintahan setempat, baik di tingkat RW, kelurahan/desa, kecamatan, maupun tingkat kabupaten/kota, dalam pelaksanaan PSBB,” ungkapnya.

Teknisnya di lapangan, menurut Dansektor 21, adalah dengan cara ikut mengimbau masyarakat.

“Misalnya, jika menemukan yang sedang berkerumun atau kumpul-kumpul, perintahkan untuk pulang. Begitupun yang tidak pakai masker, arahkan untuk memakainya, bila prajurit punya untuk dibagikan, bagikan. Prajurit di Sektor 21 sudah saya perintahkan seperti itu,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Kolonel Inf Yusep Sudrajat juga mengingatkan kepada anggotanya untuk senantiasa menjaga kesehatan.

“Saat berkomunikasi dengan masyarakat, gunakan masker dan jaga jarak aman,” pungkasnya.

Sejauh ini, terutama pada masa Pandemi Covid-19, seturut pantauan pewarta di lapangan, jajaran Satgas Citarum Sektor 21 selain konsisten dalam tugasnya melaksanakan amanat Perpres No.15 tahun 2018 tentang percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Citarum, juga membantu gugus tugas covid-19 di wilayahnya, seperti penyemprotan disinfektan, pembagian masker, dan mengimbau warga masyarakat untuk bersama-sama melawan penyebaran virus ini dengan mentaati setiap anjuran dari pemerintah.

Satgas Citarum Sektor 21-13 sambil melaksanakan patroli sungai juga mengimbau dan membubarkan kerumunan orang dalam rangka mencegah penyebaran covid-19. [Foto: 21/4/2020]