Prajurit Kodam III/Siliwangi Bantu Evakuasi Korban Bencana Tsunami

by -350 views
Prajurit Kodam III/Siliwangi Bantu Evakuasi Korban Bencana Tsunami

Pandeglang,- Bencana alam tsunami yang menyapu pesisir yang berada di Selat Sunda, telah menelan korban jiwa dan kerugian material yang cukup banyak di dua wilayah terdampak, yaitu Lampung Selatan dan Pandeglang Banten yang terjadi pada hari, Sabtu (23/12/2018), cukup memprihatinkan kita semua.

Pajurit Kodam III/Siliwangi terus berupaya membantu dan mengevakuasi korban yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia di 4 lokasi bencana yaitu Pandeglang, Anyer, Labuan dan Tanjung Lesung.

Disepanjang pesisir Tanjung Lesung, khusunya Pantai Carita dan Labuan cukup terdampak.

Terkait dengan itu, Prajurit Kodam III/Siliwangi lainnya, bahu membahu untuk memberikan pertolongan dalam menanggulangi bencana akibat dari tsunami tersebut.

Kapendam III/Siliwangi Kolonel Arh GTH Hasto Respatyo mengatakan, “Untuk membantu proses evakuasi korban tsunami di wilayah Banten, Kodam III/Siliwangi telah menerjunkan anggota sebanyak 1.580 personil yang tersebar di wilayah Cinangka dan Labuhan Prov. Banten,” terangnya.

Dijelaskan oleh Kapendam, “Pasukan Kodam III/Siliwangi yang dikerahkan untuk menanggulangi bencana tsunami tersebut yaitu Wil Labuan (2 SSK), 1 SSK Dim 0601/Pdg, Yonif 310/KK, Yonif 312/KH, Yonif 320/BP, dan 1 Tim Medis Denkes Serang,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, “Selanjutnya, untuk wilayah Cinangka (4 SST), 2 SST Dim 0623/Clg, 1 SST Dim 0602/Srg dan Denkes Serang Kesdam III/SLW, 1 Tim Keslap Denkes Serang yang terdiri dari 1 Dokter, 2 perawat, 2 Keslap, 1 pengemudi dan 1 ambulans, bekerjasama dengan Dukkes wilayah,” urainya.

Sementara itu, Kodam III/Siliwangi juga menyiagakan 2 Tim dari RS Dustira yang standby terdiri dari 1 Spesial Ortopedi, 1 Spesial Anestesi, 2 dokter umum, 4 perawat, 2 keslap, 2 pengemudi dan 2 ambulans.

Denkeslap Bandung 1 dokter, 2 perawat, 2 keslap, 1 pengemudi dan 1 ambulans.[*]