Polisi Gagalkan Upaya Penyelundupan Baby Lobster, Dua Pelaku Berhasil Diamankan

oleh
Polisi Gagalkan Upaya Penyelundupan Baby Lobster, Dua Pelaku Berhasil Diamankan

BANDUNG,- Polsek Ciwidey Polresta Bandung Polda Jabar berhasil menggagalkan penyelundupan benih lobster di wilayah Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kapolresta Bandung Polda Jabar Kombes Pol Hendra Kurniawan melalui Wakapolresta Bandung AKBP Dwi Indra Laksmana menjelaskan pada konferensi pers yang dilaksanakan di Kantor BKIPM Bandung, kejadian tersebut terjadi pada hari, Jumat (30/4/2021) lalu.

“Saat itu anggota Polsek Ciwidey Polresta Bandung Polda Jabar sedang patroli, saat memberhentikan salah satu mobil minibus, ternyata didalamnya ada 7 box benih lobster,” kata Indra, Sabtu (1/5/2021).

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Erdi A. Chaniago S.I.K., M.Si., menginformasikan di tempat terpisah, “Dalam kendaraan tersebut didapati ada 46 ribu lebih ekor benih lobster. Saat berkoordinasi dengan Badan Karantina Perikanan, jika ditotalkan Negara mengalami potensi kerugian kurang lebih Rp2 miliar,” jelasnya.

Benih lobster ini dibawa dari Pelabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, rencananya akan dijual kepada seseorang di wilayah Gerbang Tol Soroja, namun Polisi berhasil menggagalkannya.

“Pengakuan dari tersangka, bibit lobster ini dibawa dari Pelabuhanratu dan akan dijual kepada seseorang di Gerbang Tol Soroja, kami masih dalami kasus ini dan bekerjasama dengan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Bandung serta Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Jabar,” ujarnya.

“Dengan terungkapnya kasus tersebut, tersangka HR dan MHT dijerat Pasal 92 Jo Pasal 26 ayat 1 dan atau pasal 88 Jo pasal 16 ayat 1 UU RI no. 45 Tahun 2009 tentang perubahan atas UU RI no. 31 tahun 2004 tentang perikanan. Kedua tersangka terancam 8 tahun penjara atau denda Rp. 1.5M.” tegas Kabid Humas.****