,

PMI Banjarnegara Awali Tahun 2021 dengan Kukuhkan Forpis

oleh
Ketua PMI Banjarnegara Amalia Desiana saat melantik Forpis di Markas PMI Banjarnegara. (dok)

SOROTNUSANTARA.COM , Banjarnegara – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjarnegara mengawali kegiatan tahun 2021 dengan mengukuhkan Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis). Forpis sebagai perhimpunan Pangkalan Palang Merah Remaja (PMR) di berbagai sekolah diharapkan jadi agen perubahan di kalangan pelajar.

“Saya ucapkan selamat datang bagi adik adik Pengurus Forpis yang baru dilantik, selamat berkarya dan bersama membentuk kader muda yang handal serta berjiwa kemanusiaan,” kata ketua PMI Banjarnegara, Amalia Desiana dalam siaran tertulis yang diterima Sorot Nusantara, Minggu (3/1/2021).

Menurutnya, organisasi perhimpunan PMR memiliki peran yang penting bagi pelajar, utamanya sebagai peletak dasar perubahan mental dan gerakan anak didik agar peka terhadap fenomena sosial kemanusiaan di sekolah. “Forpis juga mempunyai kontribusi yang besar bagi PMI, sebagai cikal bakal relawan masa depan dan agen kemanusiaan. Untuk itu kepengurusan yang baru terbentuk diharapkan solid dan mampu menggerakkan roda organisasi secara dinamis,” ujarnya.

Untuk diketahui, pelantikan pengurus Forpis diawali dengan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dan Konferensi Remaja yang diikuti perwakilan seluruh pangkalan PMR tingkat SMU/SMA/SMK dan MA di Kabupaten Banjarnegara yang berjumlah 74 sekolah.

“Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan dan Konferensi Remaja yang diakhiri dengan pelantikan Pengurus Forpis ini dilaksanakan secara daring dengan waktu 3 hari,” kata Ketua panitia kegiatan Tabah Rusmini.

Para peserta diharapkan bisa mengusai beberapa materi dasar yang dipaparkan para pelatih yang kompeten di bidangnya. Sebagai generasi yang peduli kesehatan, kegiatan berlangsung sesuai aturan protokol kesehatan. “Kami menerapkan protokol kesehatan ketat sesuai arahan pengurus PMI, namun tidak mengurangi makna dan arti dari kegiatan dimaksud,” terangnya.

Pemungutan suara untuk menentukan pucuk pimpinan Forpis Banjarnegara dilakukan secara online dalam jaringan (Daring), sedangkan yang diperkenankan hadir untuk terlibat secara langsung di Markas PMI Banjarnegara hanya delegasi dan terbatas.

Sesuai hasil yang ada, Viki Romansah dari Pangkalan SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara mendapatkan mandat sebagai Ketua Forpis masa bakti 2021-2022. “Saya terima mandat ini dengan semangat kebersamaan. Mari kita bersama-sama berusaha membawa PMR di Banjarnegara tetap jaya dan selalu siap jika diperlukan untuk membantu sesama,” kata Viki Romansah setelah dilantik.

Sebagai informasi tambahan, dalam beberapa tahun ini PMR Banjarnegara selalu menjadi tergiat pertama dalam ajang Jumpa Gembira Ria (Jumbara) PMR tingkat Provinsi Jawa Tengah. “Tetap semangat dan berjuang bersama rekan-rekanita relawan,” tutupnya. (alw/arh)