,

Pilkada Demak 2020 Diwarnai Dua Paslon

oleh
Logo KPU Pilkada serentak (dok/ist)

SOROTNUSANTARA.COM , Demak – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Demak, Jawa Tengah hanya diwarnai oleh dua pasangan calon saja. Yakni Mugiyono dan Gus Badaruddin yang disingkat Mugi-Hebat melawan Estianah dan Joko Sutanto atau disingkat Esti-Jos.

Kepastian itu dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak, Bambang Setya Budi, dikutip dari Medcom, Rabu (9/9/2020). Sebab, kata Bambang, dilihat dari jumlah dukungan kursi partai politik di DPRD Demak, dari dua bakal pasangan calon tersebut telah mencapai 50 kursi.

“Kalau dilihat dari dukungan jumlah kursi sudah 50 kursi, ini berarti sudah tidak mungkin ada bakal pasangan calon lain lagi,” kata Bambang.

Pasangan Mugi-Hebad diusung Partai Nasdem dan Partai Gerindra. Jumlah kursi kedua partai ini sebanyak 14 kursi. Dengan rincian Gerindra 8 kursi dan Nasdem 6 kursi. Pasangan ini bakal dikeroyok, pasangan Esti-Jos yang mengantongi sebanyak 36 kursi sebab diusung koalisi gemuk dari PDI Perjuangan, Partai Golkar, PPP, PKB, PAN, dan Partai Demokrat.

“Hari pertama pendaftaran semua proses tahapan sudah selesai, dokumen yang diserahkan sudah komplit,” kata Bambang.

Setelah menyerahkan berkas pendaftaran, tahapan selajutnya masing-masing bakal pasangan calon bupati-wakil bupati akan mengikuti tes kesehatan. Pemeriksaan kesehatan masing-masing pasangan dilakukan di RSUP dr Karyadi Semarang.

“Besok, masing-masing tim pasangan calon akan kami undang untuk diberi pengarahan teknis tes kesehatan nanti seperti apa,” ungkapnya.

Mengenai proses pendaftaraan, Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara KPU Demak, Abdul Latif menuturkan, pihaknya sudah bersiap menerima pendaftaran paslon peserta Pilbup Demak 2020.

“Tempat pendaftaran di Aula Kantor KPU. Jadi yang boleh masuk paslon, LO atau tim penghubung 2 orang, ketua dan sekretaris partai pengusung serta bawaslu. Selain itu di luar pagar,” kata Latif, dikutip dari Kompas.

Peraturan tersebut mengacu protokol kesehatan pencegahan Corona yang memberlakukan adanya jaga jarak aman dari penularan virus, “Pendamping masing-masing paslon maksimal 20 orang. Itu kami fasilitasi di ruang tamu,” terangnya. (arh)