Petugas Disiplin Covid-19 Kota Banjar Sita KTP Warga Yang Bandel Tidak Memakai Masker

oleh
Petugas Disiplin Covid-19 Kota Banjar Sita KTP Warga Yang Bandel Tidak Memakai Masker
[Foto: dok.ist]

KOTA BANJAR, (SI) — Petugas penegakan disiplin Covid-19 Kota Banjar memberhentikan dan menyita KTP warga yang bandel pada saat keluar rumah tidak memakai masker.

Agus, salaseorang warga Kota Banjar yang diberhentikan oleh petugas, sempat sewot dan adu mulut dengan petugas mempertanyakan penyitaan kartu identitas (KTP) miliknya saat dilakukan pendataan.

Kejadian tersebut merupakan kegiatan simulasi penegakan disiplin Covid-19 Kota Banjar Jawa Barat, Jumat (7/8/2020), bertempat di halaman Pendopo Walikota Banjar.

Menurut Kadis Satpol PP Kota Banjar, Eddy NR, petugas melakukan penyitaan kartu identitas (KTP) apabila mereka bandel tidak memakai masker saat keluar rumah.

Ia menjelaskan, pihaknya memberikan sanksi secara bertahap, pertama, dengan melakukan sanksi teguran, kedua, petugas memberikan sanksi sosial membersihkan tempat umum, lalu karena membandel petugas pun memberikan sanksi dengan melakukan penyitaan KTP.

“KTP yang disita harus diambil oleh pemiliknya ke sekretariat Covid-19 Kota Banjar”, jelasnya.

Sanksi yang akan diterapkan dimaksudkan untuk meningkatkan disiplin warga masyarakat agar bisa memutus mata rantai penyebaran dan penularan virus berbahaya Covid-19.

[Man]