,

Peran Aktif NU Lawan Corona Wujudkan Negara Makmur

oleh

SorotNusantara.com , Purbalingga – Nahdlatul Ulama (NU) sebagai bagian dari organisasi resmi yang diakui negara harus terus berperan aktif mendukung negara.

Hal ini dikatakan Ketua Tanfidziah Majlis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama Kecamatan Bobotsari H. Mas’ud Noor Halim disela kegiatan Posko MWC NU Peduli Covid-19.

“Termasuk peran NU dalam mencegah Corona demi terciptanya masyarakat yang sejahtera, baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” kata Mas’ud, Sabtu (11/4/2020).

Oleh karena itu, menurutnya, MWC NU Bobotsari Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah harus hadir membantu masyarakat terdampak, dan melawan dengan memutus penyebaran virus Covid-19.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihaknya melibatkan badan otonom NU, dari Muslimat, Fatayat, GP Ansor, IPNU dan IPPNU serta Lembaga Pendidikan Maarif NU untuk membentuk tim relawan NU Bobotsari Peduli Corona.

“Diluar struktur, warga NU di Kecamatan bobotsari merasa terpanggil untuk bergabung juga kita akomodir,” ungkapnya.

Di lain sisi, kebijakan pembatasan sosial sebagai upaya mengurangi dan memutus penyebaran Corona berdampak pada turunnya daya beli dan penghasilan masyarakat.

“Banyak masyarakat yang mulai kesulitan dalam mencukupi kebutuhannya. Selain itu banyak berita hoaks yang bersliweran di media sosial membuat banyak kepanikan dan kebingungan masyarakat mengenai virus tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim NU Bobotsari Peduli Covid-19 Sukhedi telah melaksanakan beberapa program dalam membantu masyarakat terdampak wabah Covid -19.

Diantaranya, pengumpulan donasi untuk pembagian paket sembako, penyemprotan disinfektan, terutama di masjid dan musalla, pembuatan media edukasi masyarakat, bekerjasama dengan PMI untuk donor darah, rukyah aswaja terhadap ODP dan sebagainya.

“Alhamdulillah peran masyarakat untuk saling membantu sesama cukup besar, 5 hari setelah tim mulai bekerja telah terkumpul donasi lebih dari 13 Juta rupiah. Hasil donasi ini akan digunakan untuk membeli paket sembako dan kemudian dibagikan kepada masyarakat terdampak,” ungkapnya.

Hal senada dikatakan Koordinator pengumpulan dana Tim NU Bobotsari Peduli Covid 19 H. Mukhlis, kepedulian masyarakat untuk saling membantu sesama akan sangat bermanfaat terhadap penanganan dampak pandemi virus Corona.

“Hal yang sangat utama sekali ya masalah ketahanan pangan, kebutuhan akan sembako dirasa mulai sulit didapatkan warga karena menurunnya penghasilan,” jelasnya.

Karenanya, MWC NU Bobotsari merasa sangat bersyukur dengan kekompakan dan keikhlasan warga NU dalam membantu perjuangan melawan Corona, bagaimanapun bentuk bantuannya itu sangat berharga. (arh)