Pengurus Baru PMI Banjarnegara Diharap Lebih Optimal Layani Masyarakat

oleh
Pelantikan pengurus baru PMI Kabupaten Banjarnegara (dok)

SOROTNUSANTARA.COM , Banjarnegara – Palang Merah Indonesia (PMI) saat ini dituntut untuk lebih maju dalam menjalankan tugas kemanusiaan. Oleh karena itu kinerja PMI diharap lebih optimal dalam melayani masyarakat. Gerakan PMI dituntut lebih luwes dsn harus bisa terus bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat.

Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah Imam Triyanto saat melantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kabupaten Banjarnegara masa bakti 2020-2025 di pendopo Dipayudha Adigraha, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

“Selamat mengemban amanah dalam misi kemanusiaan kepada Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI kabupaten Banjarnegara masa bakti 2020-2025, selalu berpegang teguh terhadap 7 prinsip Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional” kata Imam, Sabtu (26/9/2020)..

Selain itu, dirinya juga berpesan kepada pengurus yang dilantik agar meningkatkan pencapaian positif yang telah diraih oleh pengurus periode sebelumnya. Terlebih PMI Kabupaten Banjarnegara termasuk aktif dalam beberapa bidang. Utamanya kebencanaan.

“Tugas ini adalah amanah yang harus diemban dengan sebaik-baiknya. Jalankan organisasi ini dengan koordinasi yang matang serta berpedoman dengan aturan dan Undang Undang kepalangmerahan,” pesannya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PMI Banjarnegara Amalia Desiana berharap komposisi kepengurusannya dapat lebih optimal melayani masyarakat. Selain itu, juga dapat merumuskan program-progam nyata untuk kemajuan bersama.

”Sinergitas dengan mitra gerakan, dan utamanya dengan pemerintah harus terus berjalan dengan baik, pembenahan di berbagai lini seperti administrasi, pelaporan, pembinaan relawan serta sarana dan prasarana menjadi prioritas utama,” tandasnya.

Dengan begitu, ia berharap program utama dalam membangun citra PMI agar lebih dicintai dan dekat dengan masyarakat dapat tercapai. Dirinya juga mendorong berbagai aksi nyata seperti pembuatan klinik hemodialisa serta menghidupkan layanan cepat tanggap dalam merespon kebutuhan masyarakat.

Apresiasi diberikan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono. Menurutnya, pengurus PMI periode sebelumnya menunjukkan kinerja yang baik di berbagai tugas kemanusiaan sekaligus membantu pemerintah membangun Banjarnegara.

Oleh sebab itu, dirinya berharap keberadaan PMI Banjarnegara semakin maju dalam melayani masyarakat. Disebut diantaranya dalam pemenuhan kebutuhan darah, penanggulangan bencana, pembinaan generasi muda dan sebagainya.

”Peran PMI sangat strategis dan sangat dibutuhkan dalam rangka membantu pemerintah, terlebih sebagian besar wilayah Banjarnegara merupakan daerah rawan bencana alam,” bebernya. (alw/arh)