,

Pendaftaran Hampir Dibuka, Berapa Pasangan Cabup Kendal?

oleh
Logo KPU Pilkada serentak (dok/ist)

SOROTNUSANTARA.COM , Kendal – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal tak lama lagi akan membuka pendaftaran bagi pasangan calon bupati dan wakil bupati untuk mengikuti gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kendal 9 Desember 2020.

Saat ini yang sudah dipastikan bakalan bertarung ada dua. Pertama, H Tino Indra Wardono – KH Mustamsikin (Tim) yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Kedua, Dico M Ganinduto – Windu Suko Basuki (Dibas) yang diusung Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kabar terbaru, Partai Perindo juga sudah menentukan untuk merapat dalam koalisi Dibas.

Pantauan Sorot Nusantara, keduanya telah ramai melakukan sosialisasi di masyarakat maupun media sosial.

Melansir dari Kompas, Ketua KPU Kendal Hevy Indah Oktaria menjelaskan, pendaftaran bakal calon bupati Kendal akan dibuka tanggal 4-6 September 2020, “Partai yang mempunyai minimal 9 kursi di DPRD Kendal, bisa mengajukan calon bupati sendiri,” ujarnya.

Dari 10 partai yang mempunyai kursi di DPRD Kendal, hanya PKB dan PDI Perjuangan yang bisa mengajukan calon bupati sendiri. PKB sebagai partai pemenang Pemilu mendapat 10 disusul PDI Perjuangan dengan 9 kursi. Sedangkan Partai Gerindra hanya 6 kursi, PPP 5 kursi, Golkar 3 kursi, Demokrat dan PAN 3 kursi, serta PKS, Nasdem masing-masing 2 kursi, dan Perindo 1 kursi.

Logo Pilkada 2020 KPU Kendal. (dok/ist)

Saat ini, menyisakan PKB, Gerindra, dan Partai Nasdem yang belum menentukan sikap. PKB dengan 10 kursi di DPRD Kendal berpeluang maju tanpa koalisi. Santer dikabarkan H Ali Nuruddin (Ustaz Ali) akan berpasangan dengan Hj Niken Larasati (anggota DPRD Kendal) atau Bambang Dwiyono (mantan Sekretaris Daerah Kendal).

Ustaz Ali telah mulai sosialisasi sejak mendeklarasikan diri di Hari Ulang Tahun (HUT) PKB. Pun demikian, petahana telah banyak memasang spanduk di Kabupaten Kendal.

Partai Gerindra menyatakan siap mengusung Calon Petahana Bupati Kendal Mirna Annisa. Sayangnya, partai besutan Prabowo Subiyanto harus mendapatkan koalisi lantaran hanya memiliki 6 kursi di DPRD Kendal. Terbaru, beredar kabar PKB, Partai Gerindra, dan Partai Nasdem sepakat berkoalisi mengusung H. Ali Nuruddin – Hj Yekti Handayani.

Sejauh ini, Sorot Nusantara belum mendapatkan kabar kepastian tentang ketiga partai tersebut dalam Pilkada 2020. Praktis, saat ini baru 2 pasangan calon yang sudah dipastikan segera mendaftar ke KPU Kendal. (arh)