Pelaksanaan UNBK SMK Di Jabar Berjalan Lancar

by

BANDUNG, sorotnusantara.com,- Hari pertama gelaran UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) tingkat SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) di wilayah Provinsi Jawa Barat, berlangsung dengan aman dan lancar.

Hal ini diungkapkan oleh Kabid PMK Disdik Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Dodin Rusmin Nuryadin, kepada wartawan di Bandung, Senin (25/3/2019).

Monitoring hari pertama UNBK, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dr. Hj Dewi Sartika beserta jajaran melaksanakan konferensi pers dengan helpdesk di Kantor Cabang Dinas VII Cimahi. Selanjutnya meninjau ke SMKN 11, SMKN 12 dan SMK Angkasa.

Diterangkan oleh Dodin, “Ujian Nasional SMK tahun 2019 ini, semua sudah berbasis komputer, tidak ada lagi yang menggunakan lembar kertas dan pensil. Jumlah siswa yang mengikuti UNBK SMK di Jawa Barat ada 323.454 orang siswa dari 2.814 sekolah,” terangnya.

Alhamdulillah, berjalan aman dan lancar, hari tadi mata pelajaran Bahasa Indonesia, besok Matematika, hari ke tiga IPA dan hari terakhir atau ke empat, Materi Teori Kejuruan,” imbuhnya.

Terkait dengan sekolah yang fasilitas komputernya belum memadai, dikatakan oleh Dodin, “Sesuai ketentuan dalam pelaksanaan UNBK, bagi sekolah yang fasilitas komputernya belum memadai, melalui Helpdesk Siswa sekolah tersebut diikutsertakan ke sekolah lain yang lebih memadai yang berada di wilayah sekitar sekolah tersebut,” jawabnya.

“Dengan persyaratan, sekolah yang boleh numpang UNBK bagi siswanya yaitu sekolah yang belum terakreditasi, sekolah yang jumlah siswanya kurang dari 20 orang dan sekolah yang belum ada Izin Operasionalnya,” tambah Dodin.

Kami optimis, lanjut Dodin, UNBK tahun ini Sekolah Menengah  Kejuruan (SMK) di Jawa Barat bisa melampaui target nilai nasional.

“Apalagi sekarang ketentuan siswa yang ingin melanjutkan daftar ke TNI / POLRI, nilai kelulusan minimal harus mencapai 7,” ujarnya.

Untuk mewujudkan harapan keberhasilan siswa, Dodin mengimbau para orang tua atau wali untuk lebih memberikan motivasi dan semangat pada putra putrinya yang saat ini tengah melaksanakan UNBK. [Farida]

Pelaksanaan UNBK SMK Di Jabar Berjalan Lancar
Kabid PMK Disdik Jabar, Dr. H. Dodin Rusmin Nuryadin.