,

Pasca Banjir, LAZISMA Bantu Ringankan Beban Terdampak di Semarang dan Demak

oleh
Para Pengurus LAZISMA saat menurunkan bantua sembako Peduli Banjir di RT 4 RW 3 Kelurahan Trimulyo Kecamatan Genuk (sorotnusantara.com/istimewa)

SOROTNUSANTARA.COM , Semarang – Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Masjid Agung Jawa Tengah (LAZISMA) menyalurkan bantuan sembako kepada warga terdampak banjir di Kota Semarang dan Kabupaten Demak untuk kedua kalinya. Dengan bantuan tersebut diharapkan masyarakat bisa kembali menjalani rutinitas rumah tangga sebagaimana biasa.

Bantuan berupa beras, mie instan dan susu saset didistribusikan di Kampung Sidorejo Kelurahan Sambirejo Kecamatan Gayamsari (Lingkungan MAJT) dan lingkungan RT 4 RW 3 Kelurahan Trimulyo Kecamatan Genuk, Kota Semarang, dan untuk Kabupaten Demak difokuskan untuk warga Sayung Lor, Desa Sayung Kecamatan Sayung dan di Desa Loireng Kecamatan Sayung.

“Semoga bantuan ini bermanfaat dan bisa meringankan beban mereka. Jika dimungkinkan LAZISMA akan turun lagi ke lokasi-lokasi yang terdampak banjir,” kata Ketua LAZISMA, H Wahab Zaenuri dalam siaran persnya, Selasa (23/2/2021).

Mantan Wakil Ketua Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jateng ini melanjutkan, proses penghimpunan donasi tersebut ada yang berupa sembako, dan donasi yang berupa uang dibelanjakan untuk memenuhi target bantuan sembako.

“Mewakili manajemen LAZISMA, kami mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi dan dukungan para masyarakat. Semoga amal baik bapak, ibu, saudara sekalian dibalas Allah SWT serta kita bisa terus bersama-bersama peduli sesama,” tuturnya.

Sementara Koordinator pendistribusian LAZISMA, Ahsan Fauzi menambahkan, dari empat lokasi yang dibantu tersebut, ada dua Desa yang dibantu tambahan dua paket untuk Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), yakni TPQ Al Mubarokah Yayasan Maunatul Mubarok Dusun Lengkong Desa Sayung Kecamatan Sayung dan TPQ Hidayatush Shibyan Desa Loireng Kecamatan Sayung.

Pengurus LAZISMA beserta para relawan saat mengirimkan bantuan sembako kepada tiga desa terdampak banjir di Kabupaten Demak. (sorotnusantara.com/istimewa)

“Paket yang dikhususkan untuk TPQ tersebut merupakan amanah dari Badko TPQ Kabupaten Semarang. Amanah dari Badko TPQ itu kita tasarufkan ke TPQ-TPQ yang terkena banjir,” terangnya.

Bantun dari LAZISMA mendapat sambutan baik masyarakat, salah satunya diungkapkan Wakil Ketua RT 4 RW 3 Kelurahan Trimulyo, Khoiriyah. Ia mengaku kampungnya selama sepekan lebih digenangi air sedalam lebih dari satu meter dan bahkan terjadi pemadaman listrik. Praktis karena hal itu warga Genuk, khususnya di daerahnya mengalami tak bisa memasak.

“Alhamdulillah kini sudah mulai surut, tinggal beberapa rumah yang posisinya datar masih tergenang air. Jadi kegiatan sekarang tinggal pemulihan pasca banjir seperti bersih-bersih dan beres-beres perabotan rumah tangga yang kemarin tergenang. Mewakili warga, saya mengucapkan terimakasih kepada LAZISMA, bantuan ini sangat berarti bagi kami,” akunya.

Ungkapan rasa syukur juga diucapkan M Faizun yang saban hari mengajar di TPQ Al Mubarokah Lengkong Sayung. Kepada pengurs LAZISMA, ia mengaku senang adanya perhatian untuk para ustadz, santri TPQ yang terdampak banjir. Sebab, kata dia, saat banjir mulai melanda wilayahnya pada awal Februari lalu, aktifitas warga memang berhenti total, termasuk kegiatan belajar mengajar (KBM) mengaji TPQ terpaksa harus berhenti.

“Karena lokasi masih tergenang banjir, lokasi juga banyak lumpur, santri-santri juga ada banyak yang masih mengungsi, maka kegiatan belajar mengajar TPQ sementara kita liburkan. Jika kondisi sudah surut dan situasi kondisi memungkinkan kita akan mulai masuk kembali,” tuturnya. (rif)