Pasang Tiang Pancang, PCNU Kendal Mantab Awali Pembangunan RSNU

oleh
Pemasangan tiang pancang RSNU di Komplek NU Kendal Center, Jalan Tentara Pelajar Kebondalem, Kendal, Jawa Tengah. (dok)

SOROTNUSANTARA.COM , Kendal – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kendal memasang tiang pancang sebagai penegasan dimulainya pembangunan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) Kendal. RSNU yang dibangun di lahan Komplek NU Kendal Center, Jalan Tentara Pelajar Kebondalem, Kendal, Jawa Tengah.

Menurut Ketua PCNU Kendal KH Mohamad Danial Royyan, pihaknya telah memperhitungkan dengan baik dan mantab untuk memulai pembangunan RSNU Kendal, “Pemasangan tiang pancang merupakan tanda dimulainya pembangunan. Ini sebagai kelanjutan dari peletakan batu pertama pembangunan RSNU Kendal oleh Ketua PBNU KH Said Agil Siraj pada acara pengajian dalam rangka Harlah NU beberapa waktu lalu,” kata Kiai Danial, Selasa (1/9/2020).

Kiai Danial melanjutkan, panitia telah berusaha semaksimal mungkin sehingga perizinan sudah berada di tangan. Penyebaran koin NU dan sosialisasi terkait RSNU dan layanan ambulan gratis Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) juga terus digencarkan.

“Kami sudah melakukan banyak penghematan agar pembangunan RSNU bisa segera dimulai. Hal yang sulit semoga akan menjadi mudah dan hal yang dirasakan berat semoga akan menjadi ringan,” tuturnya.

Senada, Ketua Panitia Pembangunan, Khusnul Huda, pihaknya telah mantab memulai pembangunan RSNU yang membutuhkan dana miliaran rupiah. Karena itu pembangunan harus dimulai untuk menunjukkan keseriusan PCNU Kendal membangun rumah sakit, “Setiap titik ada 9 tiang pancang dengan kedalaman 12 meter. Untuk membangun tahap awal dari gedung A sampai B dibutuhkan dana 50 milyar. Masing-masing terdiri dari 3 lantai,” katanya.

Ketua Lazisnu Kendal ini melanjutkan, untuk merealisasikan proyek tersebut membutuhkan peran banyak pihak. Sebab, adanya RSNU diharapkan bisa mensejahterakan masyarakat, utamanya warga NU melalui layanan kesehatan yang lebih terjangkau.

“RSNU ini ikhtiar kita mewujudkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan. Jadi, mohon kerjasama semua pihak dan yang terpenting berdoa karena ini proyek Gusti Allah. Dengan pemasangan tiang pancang ini menjadi tonggak dimulainya pembangunan RSNU Kendal,” tuturnya.

Sebagai penegasan tradisi NU, lanjutnya, Ahad (31/8/2020) telah dilakukan acara Selamatan terlebih dahulu. Bertempat di halaman Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) NU percontohan nasional (lokasi RSNU berada di belakang gedung PAUD). Adapun manual acara dibuka dengan pembacaan Maulid Dhiba’ yang dipimpin Ustadz Ali Sadikin dan KH Nur Anis memimpin tahlil disambung doa dari KH Shalahuddin Chumaidullah dan KH Izzudin Abdussalam.

Seremonial awal pembangunan ditandai dengan pemasangan tiang pancang dan doa bersama yang dipimpin oleh Ketua Tanfidziyah PCNU Kendal KH Mohamad Danial Royyan dan Rois Syuriah PCNU KH Izzudin Abdussalam.

Hadir dalam kesempatan itu, seluruh panitia pembangunan RSNU, pengurus harian PCNU, pengurus lembaga dan Banom NU Kendal, pengurus MWC NU se-kabupaten Kendal, pasangan calon Bupati Kendal, Tino Indra Wardono dan KH Mokh Mustamsikin, serta beberapa tokoh masyarakat. (arh)