Nyaris Mampet Oleh Sampah, Satgas Citarum Sektor 21 Sub-13 Karya Bhakti Bersihkan Parit Di Kampung Warung Muncang

oleh
Nyaris Mampet Oleh Sampah, Satgas Citarum Sektor 21 Sub-13 Karya Bhakti Bersihkan Parit Di Kampung Warung Muncang

CIMAHI, sorotnusantara.com,- Hari gini masih saja ada oknum warga masyarakat di sekitar Kota Cimahi yang belum sadar dan peduli akan pentingnya menjaga lingkungan agar tetap bersih. Buktinya, sampah masih mudah ditemukan di aliran sungai ataupun parit.

Seperti tampak di saluran Sungai Industri di Kampung Warung Muncang RT 14 RW 08, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan. Tumpukan sampah hampir menyumbat aliran air.

Kondisi tumpukan sampah yang menyumbat saluran air di Kampung Warung Muncang, Kelurahan Utama, Kota Cimahi, sebelum dibersihkan dalam giat karya Bhakti.

Menyikapi hal itu, anggota Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13 bersama dengan warga pelopor kebersihan, melaksanakan karya bhakti mengangkat sampah di lokasi tersebut.

“Kami, Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13 melaksanakan korve bersama warga pelopor kebersihan di aliran sungai Jalan Industri, Kampung Warung Muncang RT 14 RW 08, Kelurahan Utama,” jelas Serka Lilik Pudji Widodo, Kamis (13/8/2020).

“Saluran yang dibersihkan sekitar sepanjang 80 meter, dengan hasil sampah yang dikumpulkan sebanyak kurang lebih 110 kilogram,” terangnya.

Ia mengajak warga masyarakat untuk ikut berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan.

“Ya, kami mengajak warga masyarakat  senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan dilarang membuang sampah ke sungai,” ujarnya.

Usai giat karya bhakti, anggota satgas kemudian melaksanakan patroli sungai dan komunikasi sosial kepada warga masyarakat secara door to door untuk memberikan edukasi dan menyampaikan sosialisasi terkait dengan perilaku hidup bersih.

[St]