Meski Belum Mulai, Pembibitan Cipageran Sektor 21 Sudah Miliki 12 Ribu Bibit Pohon Dan Vetiver

oleh
Meski Belum Mulai, Pembibitan Cipageran Sektor 21 Sudah Rawat 12 Ribu Bibit Pohon

sorotnusantara.com,- Meski belum dibuka secara resmi dan belum melaksanakan kegiatan penyemaian, namun kini taman pembibitan pohon Cipageran Sektor 21 Citarum Harum sudah memiliki 12 ribu bibit pohon keras.

Hal tersebut terlihat saat awak media mengunjungi lahan milik Pemkot Cimahi ini, dan bertemu dengan Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat juga Kepala DLH Kota Cimahi, M. Ronny, Kamis (6/2/2020) siang.

Bibit pohon yang ada tampak sebagiannya berjejer rapi di tempat khusus yang telah disiapkan, diantaranya yang ditandai adalah bibit akasia, kopi, mahoni, serta bibit pohon yang sudah ada sebelumnya, seperti gmelina, manglid baros, dan lain-lain.

“Bibit pohon kopi ada 7.000 batang, dan 5.000 batang bibit pohon keras yang berasal dari elemen masyarakat yang peduli kepada lingkungan, ditambah tanaman vertiver yang kemarin kita datangkan dari Sektor 7. Sebagiannya bibit pohon keras disini sejak awal sudah ada, yang disiapkan oleh Pemkot Cimahi. Rencananya dari DLH Kota Cimahi juga akan menambah bibit pohon baru,” jelas Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat saat wawancaranya dengan wartawan.

Dikatakan oleh Kolonel Yusep, prajurit Siliwangi kini masih terbagi pada pengerjaan penyiapan sarana dan prasarana seperti mushola, MCK dan barak, juga pembersihan lahan bakal penyemaian dan pemeliharaan bibit.

“Ya, pengerjaan untuk fasilitas prajurit dan pembersihan lahan sedang berjalan,” kata Dansektor 21 ini.

Insya Allah, bulan ini rampung. Ini juga berkat bantuan dan dorongan dari masyarakat yang selama ini peduli terhadap lingkungan,” harapnya.

Pembangunan fasilitas bagi prajurit pun tampak sudah mencapai sekitar 40 persen.

Pembenahan lokasi hutan kota Kehati kerjasama antara TNI Satgas Citarum Sektor 21 dan Pemkot Cimahi ini  juga mulai mendapat respon dari masyarakat. Antara lain beberapa hari lalu saat kedatangan rombongan siswa Pramuka dari MAN 1 Kota Cimahi dan SMPN 2 Ngamprah yang berkesempatan menanam pohon di area lokasi pembibitan. Disamping kunjungan dari perwakilan komunitas air soft gun yang berkeinginan membuat  suatu kegiatan.

“Kedepannya bila lokasi pembibitan pohon ini sudah tertata dengan baik, harapannya dapat menjadi tujuan sekolah alam bagi para siswa pelajar di Cimahi. Bila memungkinkan akan dibuat juga tempat untuk bisa ber-swa foto dan flying fox yang tujuannya mendekatkan dan menumbuhkan kecintaan anak-anak serta remaja kepada alam,” pungkas Dansektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat.

[St]