Diduga Masih Ada Pabrik Kucing-kucingan Buang Limbah, Satgas Citarum Intensifkan Patroli Sungai

by -394 views
Masih Ada Pabrik Kucing-kucingan Buang Limbah, Satgas Citarum Intensifkan Patroli Sungai

BANDUNG,- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15/Sumedang melaksanakan sidak dan pengecekan IPAL sejumlah pabrik untuk menindaklanjuti arahan yang diberikan oleh Komandan Sektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat yakni meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan terhadap pencemaran limbah industri di aliran sungai.

“Sesuai perintah Komandan Sektor, kami saat ini akan lebih intens melakukan pengecekan ke IPAL industri yang ada di wilayah Subsektor Sumedang,” ujar Dansubsektor 21-15 Sertu Eri K, Jumat (4/1/2019).

“Ini juga untuk menindaklanjuti laporan masyarakat yang mencurigai pada saat turun hujan dan air sungai meluap, ada pabrik yang diduga nakal membuang limbah kotor,” ujar Eri.

“Untuk itu, kami akan antisipasi dengan terus memantau terus aktifitas IPAL pabrik. Tanpa kenal kondisi cuaca, waktu pagi, siang, sore, malam, atau dinihari sekalipun kami akan laksanakan.  Tindakan tentunya akan segera kami lakukan jika ditemukan ada pabrik yang ditemukan berani kucing-kucingan, ” tegasnya.

Subsektor 21-15/Sumedang diantaranya pada tanggal 3 Januari 2018 melaksanakan pengecekan ke IPAL PT Wiska, CV Perintis Putra Bangsa dan PT Garuda Food.

Alhamdulillah, pabrik tersebut masih mengikuti apa yang diharapkan Satgas, yaitu limbah akhir berwarna bening dan ada ikan hidup di kolam outlet,” ungkapnya.

Ditambahkan oleh Dansubsektor, “Kami menyampaikan pada kesempatan ini dan mengimbau kepada pihak pabrik untuk peduli lingkungan dan warga sekitar, selalu bertanggungjawab menjaga hasil pengolahan limbahnya, agar sungai tetap bersih dan bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat,” imbau Sertu Eri K.

Warga Masyarakat Sudah Partisipatif

Menariknya, dengan hadirnya Satgas Citarum di tengah warga masyarakat untuk melaksanakan sosialisasi dan aksi dalam rangka mengembalikan kejayaan Sungai Citarum sebagai sungai kebanggaan warga Jawa Barat, sebagian besar warga masyarakat kini sudah menyadari dan secara bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, terutama lingkungan sungai.

Kini warga sudah tidak ragu untuk melaporkan bahkan memviralkan oknum warga yang kepergok membuang sampah sembarangan ke sungai.

Untuk di wilayah Sumedang, jelas Sertu Eri, bahkan warga ada yang memblokade saluran pembuangan limbah pabrik karena diduga membuang limbah kotor saat anggota Satgas memasuki libur awal tahun.

“Ini pelajaran bagi pabrik agar tidak kucing-kucingan buang limbah. Dan tentunya buat warga untuk jangan bertindak sendiri,” kata Sertu Eri yang jajarannya selalu responsif menerima laporan dari masyarakat.

Jajaran Subsektor 21-15, Jumat (4/1/2019), melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada warga dan melakukan pengecekan ke IPAL PT Kwalram. [*]