Luncurkan ATM, Ansor Tembalang Dorong Kader Terampil Jurnalistik dan Medsos

oleh
Kasi Kesos Tembalang Ansori saat memberikan sambutan pembukaan Madrasah TI GP Ansor Tembalang (sorotnusantara.com/rif)

SOROTNUSANTARA.COM , Semarang – Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Tembalang meluncurkan Ansor Tembalang Media (ATM) disela kegiatan Madrasah Teknologi Informasi (TI) yang digelar di Aula Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (28/2/2021)

ATM sebagai sebuah media informasi kegiatan bergerak di media sosial (Medsos) baik youtube, instagram, dan facebook. Selain itu, juga berkontribusi mengirimkan siaran pers atau release ke jejaring media online lokal maupun nasional.

Menurut Sekretaris PAC GP Ansor Tembalang, M Hadyan, kegiatan tersebut merupakan program kerja Ansor dalam meningkatkan semangat berorganisasi dan bermedia sosial yang tertunda akibat pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) masa pandemi Covid-19. “Ini merupakan program kerja kami, Ansor Tembalang dalam memberikan warna yang baik di media sosial dan media online,” katanya.

Sebab, lanjutnya di era milenial ini aktifitas organisasi selalu disebar ke berbagai grup What’sApp, media sosial facecook, twetter, instagram dan sebagainya. “Sangat disayangkan kalau konten dan tampilannya tidak menarik,” ujarnya.

Meski kegiatan tersebut ditujukan untuk mengembangkan kader Ansor Tembalang, akan tetapi juga diikuti oleh PAC Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Tembalang. “Kami sengaja sediakan kuota khusus untuk adik-adik IPNU dan IPPNU karena nantinya mereka ini juga bakalan aktif di Ansor dan Fatayat. Jadi, keterampilan ini merupakan bekal penting untuk terus aktif di NU,” tegasnya.

Wakil Ketua GP Ansor Kota Semarang, Dimas Bagus Pamungkas menambahkan Madrasah TI akan dijadikan sebagai proyek percontohan dalam pelatihan serupa. “Ansor Tembalang ini merupakan pelopor kegiatan Madrasah TI. Jadi, acara hari ini akan menjadi acuan Ansor di semua Anak Cabang dan Ranting yang ada di Kota Semarang,” katanya.

Sekretaris Ansor Tembalang M Hadyan saat memberikan sambutan pembukaan Madrasah TI GP Ansor Tembalang (sorotnusantara.com/rif)

Ketua Cyber Ansor Kota Semarang ini bahkan menyebut dua PAC Ansor yang sudah minat dan mengajukan kegiatan serupa. “Begitu ada informasi Madrasah TI di Tembalang, Ansor Gajahmungkur dan Semarang Utara langsung kontak, minta difasilitasi kegiatan seperti ini,” ungkapnya.

Sambutan hangat diberikan Ketua Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Tembalang KH Syahid Al-Baihaqi. Dalam sambutannya ia mengingatkan aktifitas masyarakat bermedia sosial sangat tinggi, terlebih dengan adanya pandemi Covid-19. “Mau tidak mau kita akan bersentuhan terus dengan medsos, kita tidak bisa menghindari perkembangan teknologi,” ucapnya.

Tak lupa ia berpesan untuk menjaga NKRI sebagaimana NU dalam sejarahnya berjuang meraih dan mempertahankan kemerdekaan, juga dinamika politiknya dalam menjaga keutuhan bangsa ini. “Kita tetap tawadhu dengan kiai, kita hormat dengan pemerintah. Kita harus mengawal negara ini sesuai tingkatan kita,” tuturnya.

Ia melanjutkan, akhlak mulia sebagai ciri khas santri KH Hasyim Asy’ari atau Mbah Hasyim harus ditegaskan oleh para pegiat organisasi NU maupun badan otonom (Banom) di semua tingkatan. Karena akhlak merupakan salah satu cara untuk menjaga organisasi yang didirikan oleh Mbah Hasyim. “Harus berhati-hati dalam menampilkan di medsos, sebab kalau salah sedikit saja bisa berakibat fatal,” pesannya.

“NU yang hampir satu Abad, kita harus merapatkan barisan. NU, Muslimat, Ansor, dan banom lain ini sudah membaur dengan pemerintah,” imbuhnya mengutip pesan Ketua Umum PBNU Prof Dr KH Said Aqil Siraj.

Mewakili Camat Tembalang, Kasi Kesos Kecamatan Tembalang Ansori menyampaikan permohonan maaf karena berhalangan hadir. Meski demikian, Camat mengapresiasi dan mendukung semua kegiatan Ansor, salah satunya dengan memberikan fasilitas kegiatan Madrasah TI.

“Kehidupan di lingkungan kita selalu ada yang memunculkan gesekan. Ini tidak baik ditampilkan di medsos. Kita akan rugi sendiri. Karena itu, kami Pemerintah Kota Semarang dalam hal ini Kecamatan Tembalang sangat mengapresiasi kegiatan syiar Ansor. Kalau mengajak sesuatu yang baik, insyaallah Tuhan akan mencatat sebagai amal baik,” ucapnya.

Terkait dengan ketaatan Ansor dalam kegiatan di masa pandemi, ia mengakui Ansor banyak berjuang bersama pemerintah mencegah penyebaran Corona Viruse Disease 2019 atau Covud-19. “Kami apresiasi pada generasi muda dari Ansor Tembalang yang menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Pemerintah Kita tidak bisa mengawasi selalu tapi adik-adik ini bisa tertib,” tuturnya. (rif)