Lindungi Relawan, PMI Pemalang Gandeng Dinas Kesehatan Adakan Rapid Test

oleh
Suasana Rapid Test PMI Kabupaten Pemalang. [doc]

SorotNusantara.com , Pemalang – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pemalang berkerjasama sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang baru baru ini mengadakan rapid test bagi semua karyawan di Markas PMI Pemalang.

Ketua Pengurus PMI Kabupaten Pemalang H. Abdul kadir menyebut rapid test kewaspadaan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang dilakukan sebagai perlindungan para relawan maupun masyarakat yang menerima layanan jasa PMI.

“Petugas PMI dalam melakukan pelayanan bersentuhan langsung dengan masyarakat, untuk itu perlu dilakukan rapid test, untuk mengetahui keamanan personil PMI dan yang dilayani,” kata Abdul Kadir pada Sorot Nusantara, Selasa (23/6/2020).

Dia bersyukur karena hasil pemeriksaan rapid test oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang menyatakan 39 karyawan negatif Covid-19.

Dia juga mengatakan, selama PMI ikut berupaya dalam penanganan Covid-19 diantaranya dengan melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum, promosi kesehatan dan penyaluran APD ke rumah sakit, serta pelayanan donor darah.

Suasana Rapid Test PMI Kabupaten Pemalang. [doc]
Terkait kebutuhan darah di masa pandemi ini, Abdul Kadir mengungkapkan, pihaknya telah berupaya menyiapkan darah yang aman untuk pasien, yaitu dalam proses pelayanan donor darah tidak melayani kegiatan mobil unit, “Donor darah jemput bola ke lapangan kita tiadakan, untuk menghidari kerumunan serta mengarahkan agar karyawan disiplin mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya

Selain itu, lanjutnya, stok darah aman bagi pasien juga dipersiapkan. Namun demikian bagi yang membutuhkan darah diharuskan membawa pendonor pengganti, “Meski tidak sama dengan golongan darah yang dibutuhkan, donor darah pengganti ini dengan harapan stok darah PMI tetap ada dan bisa mencukupi setiap permintaan, sampai saat ini, semua permintaan darah masa pandemi Covid-19 ini semua tercukupi,” bebernya.

Adaptasi aturan lain yang terkait dengan kewaspadaan Covid-19 adalah pelayanan untuk pendonor darah dan permintaan darah dari rumah sakit, “Kami sesuaikan aturan protokol kesehatan penanganan Covid-19. Hal ini dalam upaya memberikan rasa nyaman dan darah yang didonorkan juga aman. Setiap pendonor dan tamu yang datang diwajibkan cek suhu, menggunakan masker dan jaga jarak,” ulasnya.

Untuk itu, dirinya menyampaikan terima kasih kepada para relawan donor darah sukarela yang ikut menjaga kelangsungan kegiatan transfusi darah bagi yang membutuhkan, “Semoga persediaan darah di Pemalang pada masa pandemic Covid-19 ini tetap aman, bisa mencukupi dan bagi pendonor menjadi amalan Ibadah” tuturnya.

Sementara Kepala Markas PMI Kabupaten Pemalang Agus Supriyono menegaskan, pihaknya telah memberikan perlindungan terhadap para relawan dengan berbagai kerangka aturan, “Untuk para relawan sebelum bertugas briefing pembagian dan penjelasan tugas serta memperhatikan keamanan keselamatan perlindungan diri dalam menjalankan tugas,” katanya.

Selain itu, para petugas wajib menggunakan APD, penerapan protokol kesehatan Covid-19 di lingkungan PMI, melakukan cek suhu, mengenakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan, “Untuk relawan juga diasuransikan di BPJS ketenaga kerjaan,” tegasnya. (arh)