Kominfo dan AMSI Jateng Tangkal Hoaks Dengan Pelatihan Cek Fakta

by
Kominfo dan AMSI Jateng Tangkal Hoaks Dengan Pelatihan Cek Fakta

SOROTNUSANTARA.COM , SURAKARTA – Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo RI bersama Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Tengah menggelar pelatihan cek fakta di Monumen Pers Nasional Solo, Kamis (12/9/2019). Pelatihan tersebut diikuti oleh wartawan dari berbagai media yang ada di Jateng.

Menurut Ketua AMSI Jateng Suwarmin, pelatihan cek fakta penting dilakukan agar para awak media bisa menjadi penyaring informasi. Dengan turut berperan dalam cek fakta, masyarakat akan terhindar dari konsumsi berita hoaks.

“Masyarakat dibanjiri informasi, maka kita berkewajiban membantu masyarakat untuk mengkurasi berita supaya tidak terjadi distorsi informasi,” jelas Suwarmin.

Suwarmin melanjutkan, persebaran hoaks saat ini sudah terbilang sebagai permasalahan yang krusial. “Betapa bahayanya sesuatu informasi ketika sudah dicemari dengan narasi hoaks. Maka kami harap, yang ada di sini bisa menjadi pionir pemutus hoaks,” imbuhnya.

Sementara, Dirjen IKP Kominfo Widodo Muktiyo menjelaskan pentingnya penerapan kesadaran literasi oleh setiap orang, sehingga bisa membedakan mana yang benar dan salah.

Lebih lanjut dia menyebut, ada berbagai ciri berita hoaks. Di antaranya sumber informasinya tidak jelas. Lalu, biasanya informasi tersebut mengandung ketidakwajaran. Informasi hoaks cenderung menggunakan bahasa provokatif.

“Informasi hoaks pada umumnya cenderung mendiskreditkan pihak tertentu dan menyampaikan informasi secara tidak berimbang,” jelas Widodo. (arh)