Kolonel Yusep Hijaukan Lapangan Puri Cipageran Indah Kota Cimahi

oleh
Kolonel Yusep Hijaukan Lapangan Puri Cipageran Indah Kota Cimahi

CIMAHI, sorotnusantara.com,- Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, S.IP, M.Si., laksanakan giat penghijauan bersama dengan jajaran aparat Muspika Kecamatan Cimahi Utara dan tokoh masyarakat di Lapangan Puri Cipageran Indah I, Kelurahan Cipageran, Kota Cimahi, Minggu (5/7/2020).

Ada sekitar 30 bibit pohon yang disumbangkan Dansektor 21 Satgas Citarum untuk keperluan penghijauan di lingkungan tersebut.

“Ini merupakan bentuk dukungan Satgas Citarum Harum Sektor 21 dalam menjaga kebersihan lingkungan dan budaya positif penanaman pohon di komplek perumahan Puri Cipageran Indah I ini, yang masuk wilayah tugas kami,” ujar Kolonel Inf Yusep Sudrajat di acara yang digagas oleh forum warga.

Pada kesempatan itu, Kolonel Yusep sempat berbincang dengan para tokoh masyarakat dari Forum Warga Puri Cipageran I terkait keberadaan pasar di fasos dan fasum di lokasi tersebut yang kebetulan terjadi pro dan kontra di tengah masyarakat selepas PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) berakhir di Kota Cimahi.

Tampak roda perekonomian di masa new normal dari pandemi Virus Covid 19 mulai terlihat dengan adanya kegiatan jual beli di pasar yang berada di Puri Cipageran, tepatnya di lapangan komplek perumahan Puri Cipageran Indah I Kota Cimahi ini.

Kondisi menariknya, adalah pemberlakuan protokol kesehatan di pasar yang kembali dibuka mulai 1 Juli 2020 kemarin di masa new normal, diantaranya wajib menggunakan masker dan menjaga kebersihan lingkungan bagi pedagang dan masyarakat sekitar ketika melakukan kegiatan dipasar tumpah tersebut dan menjaga jarak.

Pantauan pewarta, kegiatan pasar juga dibatasi jam operasionalnya, mulai dari jam 6 pagi hingga jam 11 siang.

“Disini kami hadir juga untuk memberikan masukan, jalan tengah bagi Warga Puri Cipageran I yang pro dan kontra dengan adanya relokasi pasar tumpah di sekitar lapangan ini, selain salah satunya adalah sumbangan bibit pohon,” terang Kolonel Yusep.

Selain digunakan sebagai pasar tumpah, lanjutnya, yang kita sama tahu sebelum pasar tumpah direlokasi disini, para pedagang berjualan di jalan raya perumahan, ini tentunya akan merugikan masyarakat Puri Cipageran itu sendiri, sebagai contoh macet dan program new normal tidak akan berjalan sesuai arahan pemerintah.

Hal senada disampaikan juga oleh Dr Eki Baihaki selaku sesepuh Forum Warga Puri Cipageran I.

“Akibat pandemi covid 19 ini, roda perekonomian sempat lumpuh, dengan adanya relokasi pasar tumpah di lapangan Puri Cipageran I, roda perekonomian warga kami mulai bergerak. Kami pun juga bisa melakukan penghijauan di lapangan ini dengan adanya kegiatan penanaman bibit pohon yang didukung penuh Satgas Citarum Harum Sektor 21,” kata Dr Eki didampingi pengurus lainnya dihadapan awak media.

Alhamdulillah, para pedagang disini mau bekerjasama, wajib beraktifitas dengan memberlakukan protokol kesehatan, serta wajib menjaga kebersihan,” ungkapnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan kesepakatan yang dituangkan dalam bentuk tertulis dari para tokoh masyarakat dan surat pernyataan yang ditandatangani pedagang.

[Boy Omar]