Kolonel Inf Yusep Sudrajat Sosialisasi Citarum Harum Kepada Masyarakat Margamulya Pangalengan

by
Kolonel Inf Yusep Sudrajat Sosialisasi Citarum Harum Kepada Masyarakat Margamulya Pangalengan

sorotnusantara.com, KAB. BANDUNG,- Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, S.IP, M.Si., melaksanakan kegiatan sosialisasi program Citarum Harum kepada warga masyarakat yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Sabilulungan, Desa Margamulya, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Rabu (18/9/2019).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh jajaran Muspika Pangalengan, antara lain Camat Pangalengan, Drs Eef Syarif Hidayatullah, M.Si., Danramil Pangalengan, Kapten Inf Yanto Rubianto, Kapolsek Pangalengan, Kompol Umar Said, KRPH Perhutani, Yana Mulyana, Satgas Citarum Subsektor 21-18, Kepala Desa Margamulya, H Suhendar Rohmani, dan para kepala desa sekitar yang dilalui aliran sungai.

Dihadapan kurang lebih 150 orang warga, Dansektor 21 memaparkan terkait dengan permasalahan DAS Citarum hingga Sungai Citarum viral menjadi salasatu sungai terkotor di dunia pada akhir tahun 2017 lalu.

“Ini dipengaruhi oleh faktor kebiasaan kita sebagai masyarakat yang banyak kali tidak menghargai kawasan sungai. Karena ditemukan alih fungsi hutan, tumpukan-tumpukan sampah di permukaan sungai, limbah industri, kotoran hewan dan manusia, dan sebagainya,” kata Kolonel Yusep.

Padahal, lanjutnya, Sungai Citarum antara lain menjadi sumber air untuk sekitar 27 juta jiwa di Jawa Barat dan DKI Jakarta, mengaliri kurang lebih 420 ribu hektar sawah, menghidupkan pembangkit listrik.

“Dengan dikeluarkannya Perpres No.15 tahun 2018, TNI Kodam Siliwangi diberi tugas untuk menata kembali ekosistem,” ucap Dansektor sambil menjelaskan struktur organisasi Satgas Citarum.

“Program Citarum Harum ini sudah berjalan satu setengah tahun dari 7 tahun yang ditargetkan. Dengan kegiatan sosialisasi yang terus menerus seperti ini, harapan kita tentunya secara bersama-sama segera mengembalikan kejayaan Sungai Citarum yang kita banggakan,” tegas Dansektor 21 ini.

Seusai paparan, kegiatan berlanjut ke sesi tanya jawab serta penyerahan secara simbolis bahan kontak oleh Dansektor 21 Kolonel Yusep kepada perwakilan warga dan diakhiri foto bersama.[St]